Wanita yang hamil selalu harus jaga keadaan agar tubuh dan janin selalu pada kondisi sehat. Mempertahankan kesehatan dengan optimal dapat kurangi beberapa hal jelek yang dapat terjadi pada ibu hamil, apa lagi pada kehamilan trimester pertama. Selain teratur mengatur kesehatan janin ke dokter kandungan tidak ada kelirunya menyeimbangi dengan makanan yang kaya gizi.
Jaga pola makanan dengan teratur dan mengatur tipe makanan yang masuk menjadi usaha untuk menambah kecerdasan si bayi dan sehatkan badan ibunya. Berikut 8 makanan ibu hamil yang sehat yang di sarankan di konsumsi :

1.Produk susu

Sepanjang kehamilan, konsumsi produk susu penting karena bisa penuhi kebutuhan tambahan kalsium dan protein yang memberikan suport pada perkembangan janin. Minumlah minimal segelas susu satu hari dan konsumsi lebih banyak yogurt, keju, dan minyak samin atau ghee atau mentega dari lemak hewani untuk mempertahankan kesehatan bayi.

2. Telur

Telur dipandang seperti makanan ‘super’ oleh beberapa orang karena sebagai sumber vitamin, mineral dan protein. Protein yang terdapat di dalam telur membuatnya baik untuk bayi.¬†¬†Disamping itu, telur mempunyai jumlah kolin yang tinggi di dalamnya yang penting untuk perkembangan otak dan struktur saraf bayi yang masih belum lahir.

3. Pisang

Pisang ialah sumber asam folat, kalsium, kalium dan vitamin B6. Mereka kaya anti-oksidan dan membantu tingkatkan energi . Sehingga, pisang menjadi tambahan yang bagus untuk diet kehamilan.

4. Alpukat

Salah satunya gizi yang dibutuhkan ibu hamil ialah asam folat, gizi ini benar-benar bagus untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Alpukat jadi salah sebuah sumber asam folat yang bagus untuk penuhi keperluan gizi ibu hamil.
Beberapa faedah yang dapat didapat saat konsumsi alpukat yakni bisa mempertahankan kesehatan sistem pencernaan, menangani morning sickness, menjaga kandungan kolesterol, meringankan keram kaki, membantu peresapan gizi dan tingkatkan perubahan otak pada janin.

5. Kacang

Kacang kaya lemak sehat, yang menjadikan opsi bagus untuk ngemil selama saat kehamilan. Mereka mempunyai asam lemak omega-3, protein, serat, dan gizi penting lainnya yang meningkatkan otak yang penting untuk perubahan bayi.

6. Juice Jeruk

Juice jeruk bisa memberi folat, kalium dan sudah pasti, vitamin C. Ini bisa memberikan bayi Anda gizi yang dibutuhkan yang bakal mencegah bermacam tipe cacat lahir. Kandungan vitamin C dalam juice jeruk akan tingkatkan kekuatan bayi Anda untuk menyerap zat besi pada tubuh . Sehingga, minumlah segelas juice jeruk tiap hari sebagai bagian dari makan pagi Anda.

7. Roti Gandum

Bila diperbandingkan dengan roti putih yang umumnya dibuat dari tepung terigu, roti gandum lebih bagus untuk dimakan. Selain nutrisinya yang bagus roti gandum kaya serat yang bagus untuk kesehatan pencernaan, kurangi konstipasi dan diare.
Protein dan beberapa kandungan vitamin yang lain yang ada dalam roti gandum bagus untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan jaga perkembangan otak janin, karena ini akan membuat peresapan gizi ke otak jadi lebih baik dan dapat memaksimalkan kemajuan otak.

8. Salmon

Ikan salmon kaya asam lemak omega-3 yang paling bagus untuk kesehatan jantung. Memiliki cukup omega-3 pada diet penting untuk wanita yang sedang hamil lantaran membantu dalam perkembangan otak dan mata janin. Salmon sebagai sumber vitamin D yang bagus, yang penting untuk kesehatan tulang dan kekebalan tubuh.

Selain konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, Bumil perlu olahraga dengan teratur, cukupi istirahat, jauhi rokok dan asap rokok, menghindari minuman beralkohol, serta kurangi stres, supaya keadaan kesehatan Bumil dan janin selalu terlindungi.