Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Rumah Pompa Jati Pinggir 1 Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat, di Jalan Petamburan Raya, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020) siang. Kunjungannya bertujuan untuk mengecek fungsi dan kondisi pompa pompa air di sana. Sepenuturan Anies, pompa yang ada di Rumah Pompa Jati Pinggir 1 dalam kondisi baik dan berfungsi normal. Atas hal itu ia berharap pemukiman yang tergenang air tak jauh dari lokasi bisa kembali surut.

"Karena di sini masih posisi siaga satu. Kalau kita ngecek ke pompa air dekat sini, alhamdulillah semua berfungsi. Jadi begitu air mulai surut mudah mudahan kampung di sekitar sini bisa lebih cepat penuntasannya," ungkap Anies di lokasi. "Jadi kita memastikan saja semuanya berfungsi dengan baik," ujarnya. Sebelum tiba meninjau Rumah Pompa Jati Pinggir 1, Anies lebih dulu mengunjungi pintu air Manggarai, Pegangsaan, Jakarta Pusat.

Di sana, ia mengungkap sudah lebih 200 dari total 2.738 RW di ibu kota terendam air akibat curah hujan tinggi dan luapan kali Ciliwung. Namun jumlah titik banjir itu masih bisa berkembang seiring pendataan yang terus berjalan. Ketika disinggung soal banjir di Jakarta yang kembali terulang seperti pada awal tahun baru atau 1 Januari 2020 kemarin, ia enggan berkomentar banyak. Kata dia saat ini fokus Pemprov DKI adalah menangani dan membantu korban banjir. Mulai dari mengevakuasi mereka yang terjebak banjir, hingga penyediaan kebutuhan pangan di lokasi lokasi pengungsian.