Penampilan impresif Liverpool musim ini membuat mereka diambang rekor poin terbanyak dalam satu musimPremier League alias divisi utama Liga Inggris. Kemenangan 3 1 atas Brighton pada pekan ke 34 Liga Inggris, Rabu (8/7/2020) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB di Falmer Stadium, membuatLiverpool kini sudah mengoleksi 92 poin. Masih ada 4 pertandingan tersisa sehinggaLiverpool punya peluang untuk memecahkan rekor perolehan poin terbanyak dalam satu musim Premier League.

Rekor tersebut dipegang oleh Mancheser City, yang pada musim 2017 2018 mampu mengukir 100 poin. Liverpool butuh tambahan 9 poin untuk melewati rekor Manchester City itu. Tambahan 9 poin dengan mudah bisa ditranslasikan menjadi 3 kemenangan.

Ya, Liverpool mutlak membutuhkan minimal 3 kali menang lagi dalam 4 pertandingan terakhir untuk bisa melewati rekor Manchester City. Bukan sebuah target yang mudah mengingat Liverpool akan menghadapi sebagian besar lawan yang masih berjuang mati matian untuk meraih target mereka sendiri. Dalam 4 pertandingan terakhir, Liverpool akan menghadapiBurnley (11/7/2020), Arsenal (15/7/2020), Chelsea (22/7/2020), dan Newcastle United (26/7/2020).

Burnley, yang kini menempati posisi ke 9, masih punya harapan lolos ke Liga Europa musim depan. Burnley tampak ngotot mengejar impian itu karena mereka tak terkalahkan dalam 4 laga terakhir. Hasil itu termasuk dua kemenangan tandang atas Crystal Palace dan West Ham United.

Faktanya, sejak 19 Januari lalu, Burnley hanya sekali kalah, yaitu 0 5 dari Manchester City pada 22 Juni lalu. Arsenal di posisi ke 8 masih berusaha mengamankan posisi di zona Eropa, bahkan masih punya peluang finis di 5 besar dan lolos ke Liga Champions. Seperti Burnley, Arsenal juga tak terkalahkan dalam 4 laga terakhir.

Chelsea, yang menempati peringkat 3, juga lawan berbahaya bagi Liverpool. The Blues masih berusaha mengamankan tempat di zona Liga Champions. Liverpoolmemastikan diri menjadi juaraLiga Inggris pada 25 Juni lalu adalah berkat kemenangan 2 1 Chelsea atas Manchester City.

Sejak Maret, Chelsea meraup 15 poin dari kemungkinan maksimal 18. Newcastle United mungkin lawan terlemah di antara pertandingan sisa Liverpool. Apalagi Newcastle United sudah bisa rileks karena dipastikan selamat dari degradasi.

Dengan 43 poin, Newcastle tak mungkin lagi dikejar Aston Villa dan Bournemouth yang menempati posisi ke 18 dan 19. Poin maksimal yang bisa diperoleh Aston Villa dan Bournemouth adalah 42.