Pengisian sensus penduduk online akan berakhir hari ini Jumat, 29 Mei 2020, simak cara mengisi lengkap dengan daftar pertanyaan yang diajukan. Pemerintah melalui Badan Pusat Statistik / BPS telah gencar menyosialisasikan sensus penduduk online melalui website sensus.bps.go.id sejak pertengahan Februari lalu. Periode pengisian sensus penduduk online yang seharusnya berakhir Maret 2020 lalu diperpanjang karena adanya wabah corona di Indonesia.

Berikut selengkapnya tutorial cara mengisi sensus penduduk dan daftar pertanyaan apa saja yang diajukan. Lantas, bagaimanacara mengisi sensus penduduk online? Sebelum melakukan pengisian online, penduduk perlu menyiapkan dua dokumen yakni Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Berikut langkah langkah cara melakukan pengisian data padaSensus Penduduk2020 secara online: Selain kedua dokumen itu, BPS menyarankan agar menyiapkan dokumen lain seperti buku nikah, dokumen cerai, surat keterangan kematian, termasuk untuk anggota keluarga tambahan jika memungkinkan. Penambahan anggota keluarga baru dapat dilakukan pada halaman "Daftar Anggota Keluarga" pada kolom paling bawah pada list nama anggota keluarga dengan mengetikan nama anggota keluarga yang ingin ditambahkan.

Daftar pertanyaan Mengutip laman BPS, pencacahan lengkap dalam sensus penduduk dilakukan dengan memberikan 21 pertanyaan yang terbagi dalam empat kategori. Berikut adalah data data yang dikumpulkan dari pertanyaan pertanyaan tersebut:

Sementara itu, BPS melalui akun Twitter resminya memberikan tips agar pengisian Sensus Penduduk Online 2020 dapat berjalan lancar tanpa hambatan. Laman kok tidak bisa dibuka? Lho, kok pertanyaan keamanan tidak muncul? Kok bukti pengisian tidak ada?" Untuk menjawab pertanyaan tersebut, BPS memberikan tiga tips bagi yang ingin mengisi SP Online dengan lancar.

1. Pastikan koneksi internet stabil dengan menggunakan jaringan LTE atau 4G. 2. Gunakan browser terupdate, Chrome, Firefox, dan Safari. 3. Bisa juga menggunakan mode privat (Firefox dan Safari) atau mode incognito (Chrome).

Penduduk melaksanakan sensus secara mandiri melalui sensus.bps.go.id Evaluasi berkala Sensus Penduduk Online Pemeriksanaan daftar penduduk

Verifikasi Lapangan (Ground Check) Pencacahan Lengkap. Pengumpulan data dan informasi kependudukan dan perumahan untuk menghasilkan berbagai parameter demografi dan indikator sosial lainnya.

Setiap anggota keluarga yang terdaftar di dalam KK bisa mengisisensus pendudukonline. Informasi yang disampaikan penduduk secara online ini dijamin kerahasiaanya oleh BPS berdasarkan Undang undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Bila menemui kendala ketika mengisi Sensus Penduduk 2020 via online, Anda dapat menghubungi Call Center Sensus Penduduk 2020 di nomor (021) 345 2550.

Bisa juga lewat WhatsApp Call BPS di 0811 851 98 01 hingga 0811 851 98 20. Jam pelayanan dimulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.