Liverpool boleh saja menjuarai Liga Inggris dan beragam aspek lainnya di negara tersebut, tetapi mereka kalah dalam satu hal dari Manchester United. Liverpool resmi menyegel gelar juara Liga Inggris setelah Manchester City ditaklukkan Chelsea dengan skor1 2 pada laga pekan ke 31, Jumat (26/6/2020) dini hari WIB. Gelar tersebut semakin mengukuhkan Liverpool sebagai salah satu klub terbaik di Inggris.

Terlebih, The Reds tak hanya menjadi juara di kompetisi teratas Negeri Ratu Elizabeth II itu, tapi juga menjuarai berbagai aspek lainnya di mata warga Inggris. Hal tersebut terbukti dari laporan lembaga riset berbasis London, YouGov, yang dipublikasikan pada Jumat (19/6/2020), tepat satu minggu sebelum Liverpool menjadi juara Liga Inggris. Riset tersebut memungkinkan klub klub Liga Inggris berada dalam daftar peringkat yang didasarkan pada metrik alternatif.

Berdasarkan empat metrik alternatif atau komponen yang digunakan dalam riset tersebut, Liverpool hampir selalu berada di posisi pertama. Riset yang melibatkan lebih dari 2000 orang ini menunjukkan bahwa Juergen Klopp menjadi yang terbaik di tiga metrik, yaitu kualitas permainan, pemain dan staf, serta manajemen. Peringkat tim berdasarkan kualitas permainan hampir menyerupai klasemen Liga Inggris dengan Liverpool berada di posisi puncak dan Manchester City berada di bawahnya.

Begitu juga soal klub dengan pemain dan pelatih yang paling disukai warga Inggris, sekali lagi Liverpool berada di atas klub lainnya. Sementara itu, upaya Marcus Rashford baru baru ini dalam melobi pemerintah untuk menyediakan makanan gratis di sekolah tampaknya memainkan peran dalam membawa Man United ke peringkat kedua. Adapun dari sisi manajemen, Liverpool dan Manchester City kembali menempati peringkat pertama dan kedua.

Namun, berdasarkan satu metrik lainnya, yaitu tradisi klub, Liverpool terlempar dari posisi pertama. Dalam aspek tersebut, Liverpool harus mengakui keunggulan Manchester United. Seperti dilansir BolaSport.com dari laman resmi YouGov , Manchester United saat ini dipandang sebagai klub dengan tradisi terbesar di Inggris.

Liverpool sendiri bercokol di posisi kedua, disusul Arsenal dan Newcastle United. Soal perolehan gelar total Liga Inggris, Man United memang masih unggul satu trofi atas Liverpool, yakni 20 berbanding 19.