Pekan 33 Bundesliga mempertemukan RB Leipzig menghadapi Borussia Dortmund, pada Sabtu (20/6/2020). Duel ini akan berlangsung di Red Bull Arena mulai pukul 20.30 WIB dapat disaksikan melalui Mola TV. Tuan rumah yang berjuluk Die Bullen ini mempunyai peluang untuk merebut posisi runner up dari sang tamu yang akan dihadapinya.

Die Bullen saat ini berada di posisi ketiga dengan torehan 63 poin dari 17 kali kemenangan, 12 hasil imbang dan 3 menelan kekalahan. Torehan yang dimiliki Die Bullen hanya berjarak 3 poin dari Borussia Dortmund yang berada di posisi runner up. Kedua tim baik RB Leipzig maupun Die Borussen (julukan Dortmund) sama sama mengoleksi agresivitas 45 gol.

Berkaca pada statistik di papan klasemen, tentu RB Leipzig mempunyai peluang besar untuk merebut posisi runner up dari Dortmund apabila meraih tiga poin. Misi kemenangan pun juga diusung oleh Julian Nagelsmann yang menjabat pelatih RB Leipzig. Menurut Nagelsmann, ambisi kemenangan yang diusung timnya tak lain karena pertandingan terakhir di kandang musim ini.

"Kami akan menangani duel melawan Borussia Dortmund seperti biasa dan ingin membawa kemenangan di kandang terakhir." kata Julian Nagelsmann dikutip dari laman RB Leipzig. Nagelsmann menambahkan jika timnya meraih kemenangan maka posisi Liga Champions musim depan akan aman bagi timnya. "Kami harus memenangi pertandingan kandang lainnya jika mungkin dan mengamankan kualifikasi Liga Champions dengan kemenangan dan kami akan mencapai tujuan ini pada hari Sabtu."

"Kami sekarang memiliki dua sisa pertandingan, salah satunya harus kami gunakan untuk untuk mencapai tujuan, kami akan mengalahkan segalanya melawan BVB dan membawa performa maksimal di lapangan." tambahnya. Selain itu Nagelsman juga berniat memanfaatkan kondisi Dortmund yang baru saja meraih kekalahan di pertandingan terakhir akan coba dimanfaatkan oleh timnya. Ditambah juga absennya sang pemain kunci di lini bek sayap Achraf Hakimi yang menjalani akumulasi kartu kuning saat melawan Die Bullen.

Seperti diketahui, Borussia Dortmund baru saja meraih hasil yang tidak menyenangkan saat melawan tim tamu Mainz. Pasukan Lucien Favre tersebut dipermalukan Mainz dengan skor 0 2 berkat andil dari gol Jonathan Burkardt dan Jean Philippe Mateta. Adapun Leipzig sendiri pada pertandingan terakhirnya juga harus bermain imbang 2 2 melawan Fortuna Dusseldorf tim penghuni zona degradasi.

"Tentu saja, BVB tidak menunjukkan pertandingan yang baik saat melawan Mainz pada hari sebelumnya." "Achraf Hakimi juga akan ditangguhkan dan saya berharap kita bisa memanfaatkannya atau mereka mencari ganti rugi setelah kekalahan." tandas pelatih berusia 32 tahun. Sementara itu pelatih Borussia Dortmund, Lucien Favre menekankan pada pemainnya bahwa mereka harus mengamankan posisi runner up.

Target posisi runner up tersebut sejalan dengan yang diungkapkan oleh Michael Zorg sebagai Direktur Olahraga Dortmund. "Tujuan terakhir kami yang tersisa," Michael Zorc dikutip dari laman resmi Borussia Dortmund. "Ini masalah prestise. Kami saat ini berada di runner ip dan kami ingin tetap di sana musim ini. Maka itu akan menjadi pertandingan Bundesliga yang bagus." sambungnya.

Favre pun juga memiliki niatan untuk memanfaatkan hasil imbang RB Leipzig di laga terakhirnya pekan lalu melawan tim penghuni zona degradasi. "Mereka kehilangan poin. Itu jelas cocok untuk kita jika Leipzig menekan tinggi. Itu memberi kita kesempatan untuk melancarkan serangan balik dengan sedikit ruang," "Kami juga dapat menekan sangat tinggi dan mendikte permainan. Itulah yang akan kami coba lakukan." pungkas Lucien Favre.

Secara lima pertemuan terakhir, Dortmund berhasil mengantongi 2 kemenangan sedangkan RB Leipzig baru sekali. Borussia Dortmund sendiri saat ini berada di peringkat kedua dan hanya unggul selisih 3 poin dari RB Leipzig lawan yang akan dihadapinya. Meskipun unggul tiga poin, torehan agresivitas gol Dortmund juga disamai oleh Die Bullen yakni 45 gol.

Tentu menarik disimak pertandingan bagaimana racikan Nagelsmann untuk mengalahkan tim tamu. RB Leipzig 2 2 Borussia Dortmund Gulacsi; Mukiele, Upamecano, Klostermann, Angelino; Sabitzer, Kampl, Laimer; Olmo; Schick, Werner.

Burki; Piszczek, Hummels, Can; Hakimi, Brandt, Witsel, Guerreiro; Hazard, Haaland, Sancho. Pukul 20.30 WIB Bayern Munchen vs Freiburg

Fortuna Dusseldorf vs Augsburg Hertha Berlin vs Bayer Leverkusen Hoffenheim vs Union Berlin

Koln vs Eintracht Frankfurt Mainz vs Werder Bremen Paderborn vs Borussia Monchengladbach

RB Leipzig vs Borussia Dortmund Schalke vs Wolfsburg