Timnas Indonesia U 19 akan berjumpa dengan Arab Saudi dalam pertandingan persahabatan bertajuk turnamen mini di Kroasia, Jumat (11/9/2020) malam ini pukul 21.30 WIB. Pengamat sepakbola sekaligus presenter olahraga, Tio Nugroho, menilai tim besutan Shin Tae yong harus mewaspadai permainan cepat Arab Saudi. Bung Tio menyebut ada beda permainan antara Arab Saudi dengan dua lawan sebelumnya, Bulgaria dan Kroasia.

Diketahui pertandingan ini merupakan duel tim yang sama sama kalah dalam dua pertandingan sebelumnya. Arab Saudi kalah 3 4 saat bertemu tuan rumah Kroasia. Kemudian kembali kandas saat berjumpat Bulgaria dengan skor 2 3.

Sedangkan Indonesia takluk 3 0 dari Bulgaria dan dibantai 1 7 oleh Kroasia. Bung Tio menilai mayoritas postur pemain Arab Saudi tidak sebesar Kroasia dan Bulgaria. Bung Tio pun meyakini Timnas Indonesia tidak akan terbantai seperti pertandingan sebelumnya.

"Harusnya tidak boleh kalah banyak. Saya yakin nggak akan dibantai 1 7," ungkapnya. Namun Bung Tio tidak menilai hasil pertandingan dari skor semata. "Meski skor tidak jadi patokan, semoga dari permainan lebih baik," ungkapnya.

Sementara itu Bung Tio menilai dalam dua pertandingan sebelumnya, Shin Tae yong terlihat fokus untuk membenahi pertahanan. "Dua pertandingan ini sedang memperbaiki pertahanan, belum tau bola mau dikemanain kalau berhasil rebut bola," ungkapnya. Dalam pertandingan melawan Kroasia dan Bulgaria, Bung Tio menyebut kelemahan Timnas Indonesia berada di bola udara.

"Pelatih lawan tahu betul kelemahan kita," ungkapnya. Bung Tio juga tak memungkiri jika Timnas Indonesia kehilangan sosok Ernando Ari sebagai penjaga gawang. "Kemarin kelemahan kita ada di bola udara, kita sangat kehilangan Ernando," ujar Bung Tio.

Diketahui Ernando Ari tidak dapat bergabung dalam lanjutan TC Timnas U 19 lantaran cedera bahu. Sementara itu Bung Tio menilai mengikuti turnamen di Kroasia adalah langkah yang bagus dan patut diapresiasi. "Turnamen di Kroasia mendekatkan kita dengan lawan nantinya. Bukan lagi lawan seperti Vanuattu, Myanmar, atau Malaysia untuk uji coba," ungkap Bung Tio.

"ini sudah kemajuan PSSI mau mengirim Timnas ke luar negeri," imbuhnya. Bung Tio menegaskan agar Shin Tae yong meramu masakannya, dan jangan ada intervensi. "Baru kalau sampai waktunya tiba, dua tiga tahun baru nanti kita nilai, kalau hari ini kita kritik ya ga bisa dong," ujarnya.

"Jadi saya tetep optimis dengan Shin Tae yong dan Timnas saat ini," pungkas Tio.