Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperikan ucapan Selamat Hari Ibu, Minggu (22/12/2019). Ucapan selamat tersebut diunggah oleh akun resmi Kementerian BUMN melalui laman Instagramnya, . Dalam unggahan tersebut, Erick Thohir juga menyampaikan pandangannya terkait peristiwa yang menjadi perhatian publik.

Yakni soal kekerasan seksual dan pelecehan seksual yang dialami banyak wanita di Indonesia. Ia menegaskan, kesetaraan gender saat ini telah membaik. Namun, hal itu kurang diikuti dengan berkurangnya kasus kekerasan dan pelecehan seksual.

Erick Thohir dalam unggahan video @kementerianbumn menurutkan, setiap tiga puluh menit, ada dua kasus kekerasan seksual terjadi di Indonesia. Erick menegaskan untuk tidak membiarkan terjadi kekerasan dan pelecehan seksual sekecil apapun. Ia menuturkan mengutuk keras setiap atasan yang mengambil keuntungan dari bawahan perempuan dengan cara cara yang tidak profesional.

Erick juga menegaskan agar tidak ada pelecehan yang terjadi oleh manajer kepada timnya, penumpang (armada pesawat) kepada pramugrasi. Ia juga menghimbau agar tidak melakukan kekerasan dan pelecehan seksual antar teman dengan motif sekadar iseng. Menteri BUMN tersebut menegaskan tindak pelecehan seksual itu adalah tindak kejahatan.

"Berhenti! Hari ini saya mengajak kita semua untuk tidak diam, untuk berani bergerak, untuk berani mengentikan segala tindakan dan upaya yang bertujuan merendahkan martabat perempuan," katanya. "Karena kekerasan dan pelecehan seksual adalah penghinaan terhadap dasar kemanusiaan," tegasnya. Hal tersebut juga ditegaskan dalam unggahan .

"#GerakanSayaBerani #SobatBUMN, tepat di tanggal 22 Desember yang merupakan Hari Ibu. Menteri BUMN Erick Thohir mengucapkan selamat Hari Ibu untuk para Menteri perempuan tangguh, untuk para pimpinan perempuan BUMN hebat, untuk para pekerja perempuan yang memiliki semangat tinggi, dan untuk seluruh Ibu dan perempuan luar biasa di seluruh penjuru Indonesia.

Menteri @erickthohir mengajak kita semua untuk bersama sama menghentikan pelecehan seksual yang terjadi di sekitar kita. Bagi Erick, pelecehan seksual adalah penghinaan terhadap dasar kemanusiaan. Dan ini tentang kita semua tentang orang orang yang paling kita cintai: ibu, istri, putri kita, rekan kerja kita, teman teman, dan perempuan perempuan hebat yang kita kenal. Bagi karyawan BUMN yang mengalami kasus pelecehan seksual, bisa langsung melaporkannya ke [email protected]

Pelecehan seksual adalah tindak kejahatan. Hentikan! #HariIbu2019 #GerakanSayaBerani

#KetahuiBatasan," tulis @kementerianbumn.