Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto sempat dikabarkan hilang dari lapas Sukamiskin, Bandung. Kabar tersebut pertama kali disampaikan oleh Mantan Koordinator Divisi Monitorin Hukum dan Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW), Emerson Yuntho melalui cuitan di laman Twitternya. Berikut bunyi cuitannya :

"Netizen. Butuh bantuannya telah hilang Bapak @sn_setyanovanto,. Hingga kemarin belum kembali ke tempat tinggalnya di Sukamiskin Bandung. Kulit putih.Usia 62 tahun. Ada hadiah bagi siapapun yang memberikan informasi.

Cc @Kemenkumham_RI, @OmbudsmanRI137," tulis Emerson. Menanggapi hal tersebut, Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Sekretariat Jenderal Kemenkumham Bambang Wiyono membantah kabar itu. Diwartakan , Bambang menegaskan kabar hilangnya Setya Novanto dari Lapas Sukamiskin adalah hoaks.

"Itu kabar tidak benar, Setya Novanto (Setnov) masih ada di dalam Lapas Sukamiskin," tutur Bambang yang dihubungi Kompas.com, Selasa (24/12/2019). Ia menambahkan Setya Novanto memang tidak ada di kamar tahanannya. Setya Novanto dipindahkan ke ruangan lain, seperti Aula dan Masjid.

Hal tersebut lantaran lapas yang dihuni oleh Setya Novanto sedang dalam perbaikan. Ia menuturkan, perbaikan lapas yang dihuni Setya Novanto akan rampung 31 Desember 2019 nanti. "Setya Novanto sekarang di ruangan ramai ramai. Tidak di kamar sendiri, nama ruangannya ruangan pesantren," tambah Bambang.

Ia juga menghimbau agar masyarakat tidak kembali membuat isu isu negatif seperti kabar Setya Novanto hilang dari Lapas Sukamiskin ini. Diberitakan sebelumnya, narasi hilangnya Setnov dari Lapas Sukamiskin pertama kali diunggah oleh pemilik akun Twitter @emerson_yuntho. Emerson merupakan mantan Koordinator Divisi Monitoring Hukum dan Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW).

Emerson mengakui dirinyalah yang mengunggah narasi tersebut di akun Twitter miliknya. Ia mengunggah tweet tersebut lantaran saat disidak oleh Ombudsman pada Jumat (20/12/2019), Setnov tidak ada di ruangannya. "Pas disidak sama ombudsman kan orangnya enggak ada. Ruangannya digembok," kata Emerson, Selasa (24/12/2019).