Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi pembangunan bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, Yogyakarta. Menurut Presiden, Bandara yang dibangun di luas lahan 219 ribu meter persegi ini salah satu yang terbaik di Indonesia. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat meresmikan Bandara Yogyakarta International Airport (YAI) Jumat, (28/8/2020).

"Saya lihat pengerjaannya menurut saya yang terbaik, saat ini di Indonesia, enggak tau kalau ada bandara baru lebih baik lagi," kata Jokowi. Presiden menjelaskan, proses pembangunan yang menelan biaya Rp 11,3 Triliun ini menjadi bandara yang terbaik. "Urusan biaya, bandara ini pembebasan lahannya menghabiskan dana 4,2 triliun, untuk konstruksi baik bandara maupun runway menghabiskan 7,1 triliun," imbuh Jokowi.

Kepala Negara juga mengatakan, bahwa pembangunan bandara ini turut dibantu oleh Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X mulai dari urusan pembebasan lahan, pengawasan serta paling penting arsitek. "Nah, beliau sangat detail dan mumpuni urusan kearsitekturan dan yang ada di dalam interior semua melihat keahlian beliau ini sangat kelihatan sekali dalam desain arsitektur di bandara internasional Yogya," ucap Jokowi.