Pemain FC Twente, Mees Hilgers mengaku bakal memenuhi undangan seleksi timnas senior Indonesia jika tak ada pandemi COVID 19. Mees Hilgers adalah pesepak bola asal Belanda yang memiliki darah Indonesia yang kini bermain untuk tim Eredivisie, FC Twente U 19. Ia berposisi sebagai bek tengah dan berpostur 190 cm.

Mees Hilgers baru saja bercerita soal kariernya di Belanda hingga kemungkinan membela timnas Indonesia di akun Youtube Yussa Nugraha, pada Selasa (19/5/2020). Perlu diketahui, Yussa Nugraha adalah pesepak bola 19 tahun yang juga berkarier di Belanda. Pernah meniti karier di SC Feyenoord, kini Yussa bermain di tim kasta keempat Belanda, HBS Craeyenhout.

Darah Indonesia Mees Hilgers berasal dari ibunya. Ia mengaku bahwa sang ibu berasal dari Manado, Sulawesi Utara. "Mamaku yang berasal dari Indonesia. Dia juga punya 7 saudara. Jadi kita famili yang besar. Iya dia 100 persen Indonesia, dari Sulawesi," ujar Mees Hilgers. "Saya nggak bisa Bahasa Indonesia. Hanya beberapa kata kata, tapi kata kata yang jelek (kotor). Tapi karena tahun ini saya nggak sekolah lagi, karena juga kesibukan saya training, saya ingin belajar kursus Bahasa Indonesia," tambahnya.

Mees Hilgers meniti karier sepak bola sejak usia 4 tahun di klub ASC Nieuwland dekat tempat tinggalnya di Amersfoot. Pada usia 8 tahun, ia pindah tempat tingal di Nijkerk, dan sejak saat itu Hilgers pindah klub ke Sparta Nijkerk. Penampilan apik Mees Hilgers menarik scouting FC Twente sehingga pada usia 10 tahun ia direkrut oleh Twente hingga sekarang.

Musim ini, Hilgers memasuki tahun kedua bersama FC Twente U 19. Ia juga sempat beberapa kali berlatih dengan tim utama Twente. Selanjutnya pada musim 2020 2021 ia mengaku akan segera naik ke Jong Twente (Twente U 21). "Saya juga pernah latihan di tim utama FC Twente, saat berumur 16 tahun," ujarnya.

"Dan dari umur itu saya setiap minggu ikut latihan dengan tim utama. Januari 2020 saya juga ikut training camp bersama tim utama di Spanje," tambahnya. Memiliki darah Indonesia dari sang mama, Hilgers memiliki kesempatan untuk membela timnas Indonesia, meski ia mengaku sempat ikut seleksi timnas U 18 Belanda pada 2019. Yussa Nugaraha pun menanyai tanggapan Hilgers bila ia mendapat panggilan timnas Indonesia.

Ternyata, jawaban Hilgers cukup mengagetkan. Ia mengaku bahwa telah diundang timnas Indonesia senior untuk seleksi pada musim panas 2020. "Seharusnya saya di musim panas nanti datang ke Indonesia untuk seleksi timnas Indonesia," ujarnya.

"Tapi itu dibatalkan karena situasi pandemi COVID 19," tambahnya. Yussa pun menanyakan apakah ia akan masuk timnas U 19 Indonesia, tapi Hilgers menjawab bahwa ia kemungkinan akan masuk ke timnas senior Indonesia.