Hanafi Rais diketahui telah menyampaikan pengunduran dirinya kepada Partai Amanat Nasional (PAN) melalui sebuah surat. Putra Amien Rais tersebut tak hanya mundur dari kepengurusan DPP PAN 2020 2025, namun juga mengundurkan diri dari posisi Ketua Fraksi PAN DPR RI serta anggota DPR RI Fraksi PAN 2019 2024. Posisi strategis yakni Ketua Fraksi PAN di DPR RI pun kosong, lantas apakah PAN sudah menyiapkan pengganti Hanafi Rais?

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan pihaknya belum menyiapkan pengganti Hanafi Rais. Menurutnya masalah ini masih akan dibahas secara internal partai. Sebelumnya diberitakan, Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay mengkonfirmasi perihal pengunduran diri Hanafi Rais sebagai ketua Fraksi PAN dan anggota Fraksi PAN DPR RI. Salsh mengatakan surat pengunduran putra dari Amien Rais tersebut akan dibahas di internal partai. Pasalnya surat dari Hanafi tersebut diajukan ke partai.

"Karena itu, ini adalah urusan internal partai. Ada mekanisme yang harus diikuti terkait masalah seperti ini," jelasnya. Anggota Komisi IX DPR RI tersebut mengatakan dirinya tak mau mendahului hasil pembahasan internal partai. Namun dia yakin dan percaya bahwa pengunduran diri Hanafi Rais tersebut akan ditolak partai.

Keyakinan Saleh lantaran sejauh ini tidak ada masalah dan kesalahan yang dilakukan Hanafi Rais. Malah sebaliknya, capaian politik dan kontribusinya ke partai sangat banyak. "Insya Allah, mas Hanafi akan tetap ada di PAN. Kalaupun ada hal hal yang dinilai perlu diperbaiki, akan didiskusikan dan dibicarakan secara baik baik," tandasnya.

Diketahui, putra Amien Rais yakni Hanafi Rais dikabarkan mundur dari Partai Amanat Nasional (PAN). Hal ini disampaikan dalam surat pengunduran diri Hanafi tertanggal 5 Mei 2020, berbarengan dengan gelaran Rakernas I PAN secara daring. Dalam surat yang ditandatangani Hanafi dan bermaterai tersebut, dia menyatakan mundur dari kepengurusan partai dan juga anggota DPR periode 2019 2024.

Pasca kongres Februari lalu, saya punya harapan dan berikhtiar agar PAN bisa menegakkan prinsip keadilan untuk menjaga keutuhan dan kebersamaan sesama kader. Kita semua tahu bahwa PAN telah melewati proses kongres yang sarat dengan kekerasan dan mencoreng wajah partai sendiri. Kita hendaknya sudah dan terus mentaubati apa yang telah terjadi jika ingin Allah ridha dengan partai ini.

Saya menilai PAN melewatkan momentum di atas untuk memperbaiki diri lebih bijaksana dalam berorganisasi dan bersikap. Kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan, sekalipun didahului dengan kritik kritik, bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN menjadi antitesis dari pemegang kekuasaan. Allahu 'aliimun bidzaatish shuduur. Allah Maha Tahu segala isi hati.

Oleh karenanya, bersama surat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020 2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan dari anggota DPR RI Fraksi PAN 2019 2024. Hanya ridha Allah yang saya tuju. Mohon maaf lahir dan batin atas segala kekurangan saya. Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan saya dan kita semua. Terima kasih.

A. Hanafi Rais