Penyanyi yang dijuluki The Godfather of Broken Heart, Didi Kempot meninggal dunia, Selasa (5/5/2020) di RS Kasih Ibu, Solo pukul 07.45 WIB diduga karena serangan jantung. Penyanyi bernama asli Dionisius Prasetyo itu sempat dibawa ke rumah sakit tersebut dalam kondisi tak sadar. Hal tersebut diungkapkan oleh Asisten Manajer Humas RS Kasih Ibu, Divan Fernandez.

"Datang dalam kondisi tak sadar. Kita lakukan upaya pertolongan semaksimal mungkin tapi akhirnya meninggal," ujar dia, saat dihubungi oleh Kompas.com. Didi Kempot meninggal pukul 07.45 WIB. "Betul, meninggal pagi ini di RS Kasih Ibu. Sudah saya cek ke dokter jaga," ujar dia.

Penyanyi ini meninggal diduga karena serangan jantung. Jenazah Didi Kempot rencananya akan dimakamkan di Desa Sidowayah Kecamatan Kedunggalar, Ngawi, Jawa Timur. Sebelumnya dengan menggandeng KompasTV, Didi Kempot menggelar konser amal dari rumah, Sabtu 11 April 2020 malam.

Dalam tiga jam, konser untuk membantu mengatasi pandemi virus corona itu sudah terhimpun dana Rp 5,3 miliar dan akan terus bertambah. Penyanyi campursari Didi Kempot menggelar Konser Amal dari Rumah pada Sabtu (11/4/2020) disiarkan langsung oleh KompasTV. Konser Amal dari Rumah itu digelar untuk mengumpulkan dana guna membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi virus corona atau Covid 19.

Tak main main, antusias masyarakat dalam berdonasi begitu besar. Setelah donasi ditutup sekitar pukul 22.26 WIB, total dana yang terkumpul mencapai Rp 5,3 miliar yang didapat dari 30.230 donatur. Konser Amal dari Rumah Didi Kempot dimulai pada pukul 19.00 WIB dan berlangsung selama tiga jam. Dalam dua jam pertama, terhitung konser itu sudah mampu menggalang donasi sebesar Rp 4 miliar lebih. Adapun rincian total donasi tersebut, yakni sebesar Rp 1,7 miliar dari 4.171 donatur yang didapat dari situs urunan daring, Kitabisa.com.

Selebihnya sebesar Rp 3,6 miliar, dari 26.059 donatur yang didapat dari rekening Kompas TV. Donasi ini masih akan dibuka hingga 18 April 2020 melalui Kitabisa.com. Adapun, Didi Kempot membuka konser ini dengan lagu "Stasiun Balapan". Acara konser dipandu oleh Rosiana Silalahi. Pada awal lagu, Didi Kempot langsung mengajak para penggemarnya serta masyarakat Indonesia untuk menyumbang demi penanggulangan virus corona.

Usai membawakan lagu “Stasiun Balapan”, Didi Kempot kembali membawakan lagu “Layang Kangen” hingga “Suket Teki”. "Terima kasih Sobat Ambyar, terima kasih," ucap Didi Kempot. Sebelumnya, dalam konser itu, Didi Kempot juga menyelipkan pesan kepada masyarakat untuk tidak mudik guna menekan angka penyebaran virus corona atau Covid 19.

“Iya betul enggak usah mudik dulu buat Sobat Ambyar, karena kita tahu situasi negara ini,” tutur Didi Kempot. Presiden Jokowi menyambut baik Konser Amal dari Rumah yang digelar oleh penyanyi campur sari Didi Kempot, pada Sabtu (11/4/2020) malam. Konser Didi Kempot yang bekerjasama dengan KompasTV itu benar benar menyedot perhatian masyarakat. Konser amal ini dalam rangka menggalang dana untuk mengatasi dampak pandemi corona atau Covid 19 di Tanah Air.

Apalagi dalam konser tersebut, Didi Kempot menyelipkan pesan kepada Sobat Ambyar dan masyarakat Indonesia, untuk tidak mudik ke kampung halaman Lebaran nanti. "Mas Didi Kempot bagus sudah menganjurkan Sobat Ambyar untuk tidak mudik tahun ini. Saya tahu Sobat Ambyar ada di seluruh Indonesia," kata Prediden Jokowi melalui telewicara. "Dalam situasi pandemi corona jiwa solidaritas, jiwa kebersamaan, budaya gotong royong kita diuji.

Kita harus kedepankan kebersamaan, dan juga anjuran yang disampaikan banyak kepala daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh budaya untuk tidak mudik. Saya sangat mengapreasiasi untuk tidak mudik," kata Jokowi melanjutkan. Kemudian, Presiden Jokowi meminta agar anjuran lain juga diikuti oleh masyarakat demi mengatasi penyebaran virus corona. Anjuran tersebut adalah untuk menjaga jarak, tetap berada di rumah dan penggunaan masker. "Anjuran lain seperti jaga jarak, tetap berada di rumah, pakai masker, jaga kebersihan lingkungan karena itu semua upaya kita cegah Covid 19," kata Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi menyebut konser yang dilakukan oleh Didi Kempot sesuai dengan anjuran pemerintah, yakni dihelat di rumah. Walaupun para penggemar tak bisa bertemu langsung dengan Didi Kempot, Presiden Joko Widodo yakin para Sobat Ambyar sudah puas dengan suguhan sang pelantun “Cidro” ini. "Terimakasih Mas Didi Kempot memulai sesuatu yang baru, konser dari rumah. Ini sesuai anjuran pemerintah, bekerja dari rumah, belajar dan ibadah dari rumah. Dan Mas Didi Kempot tetap bertemu sobat ambyar meski dari televisi,” tutur Jokowi.

Tak hanya Konser Amal Kompas TV, Didi Kempot juga ikut berpartisipasi di konser dari rumah narasi TV. Saat itu, dengan penampilan pamungkas Didi Kempot, Najwa Shihab mengumumkan donasi telah mencapai 10 miliar rupiah.