Penyerang Napoli Lorenzo Insigne mengaku bahagia setelah berhasil bertukar jersey dengan pemain idolanya, Lionel Messi. Napoli harus puas ditahan imbang Barcelona dengan skor 1 1, Rabu (26/2/2020). Berlangsung di Stadion Sao Paolo, Napoli mampu unggul terlebih dahulu melalui lesakan Dries Mertens ('30), sedangkan gol balasan Barcelona dicetak oleh Antoine Griezmann ('57).

Setelah pertandingan, Insigne tak bisa menyembunyikan keinginannya untuk bertukar jersey dengan Messi. Baginya, mampu bertukar jersey dengan pemain idolanya merupakan suatu kehormatan. "Saya terlebih dahulu yang meminta bertukar jersey, bahkan sebelum pertandingan dimulai," ujarnya seperti yang dilansir dari

"itu (tukar jersey) merupakan suatu kehormatan bagiku mendapatkannya (Messi)," imbuh penyerang berkebangsaan Italia tersebut. Disinggung mengenai laga perdananya kontra Messi, baginya itu ialah momen emosional. Ditambah laga pertandingan berlangsung di depan pendukungnya sendiri.

"Sangat emosional untuk menghadapi Barcelona dan Messi untuk pertama kalinya. "Saya hanya merasa kami bisa memiliki hasil yang lebih baik di depan para penggemar kami, terutama dengan peluang yang kami miliki," imbuh Lorenzo Insigne. Meskipun demikian, ia mengakui bahwa gagal meraih kemenangan merupakan hasil yang mengecewakan baginya dan Napoli.

"Hasil ini sangat mengecewakan bagi kami, kami telah menunjukkan permainan yang sama hebatnya dengan barcelona," sesal Insigne. "Namun kami harus segera bangkit dan fokus kembali ek ajang Liga Italia," pungkasnya. Satu gol Mertens di menit 30 bukan hanya membuat Napoli berhasil unggul dari Barcelona di babak pertama.

Ini juga menjadi gol ke 121 Dries Mertens selama berseragam Napoli. Catatan tersebut membuatnya melampaui raihan legenda Diego Maradona yang mengemas 82 gol, sekaligus menyamai raihan Marek Hamsik dengan 121 gol. Dan Mertens masih belum menandatangani perpanjangan kontrak dengan Napoli, tentu sosoknya akan menjadi buruan tim tim Eropa di bulan Juni nanti.

Gol penyelamat Barcelona yang dikemas oleh Griezmann juga berarti banyak bagi pemain asal Prancis tersebut. Ini merupakan gol di laga tandang Liga Champions perdanannya bersama Barcelona. Sebelumnya, Griezmann mencetak gol tandang pada Februari 2017 kala itu ia masih memperkuat Atletico Madrid yang menghadapi Bayer Leverkusen.

Turun sebagai pemain utama dalam laga menghadapi Napoli, membuat Messi mencatatkan rekor baru. 141 penampilan ia kemas di Liga Champions, yang berarti menyamai rekor Giggs dan hanya tertinggal 36 penampilan dari Cassilas sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di Liga Champions. Banyak yang tidak suka dengan sosok Busquets, gelandang overrated adalah salah satu yang sering menjadi alasannya.

Tetapi, tentu bukan tanpa alasan Pep Guardiola menyebut Busquets adalah gelandang terbaik, menghadapi Napoli, statistiknya luar biasa. 134 sentuhan, 109 umpan sukses, 6 intersep, 1 key pass dan 1 peluang membuktikan bahwa, dirinya memang gelandang pengatur serangan terbaik di lini tengah. De Jong, harus banyak belajar dari sosoknya.

Selama 90 menit, laga tersebut menyuguhkan tim yang fokus bertahan dengan tim yang sporadis menyerang. Gattuso benar benar bermain low defense, dengan menempatkan pemain belakang persis di depan gawang David Ospina. Sembari menunggu kesalahan dari lini belakang Barcelona atau melakukan serangan balik cepat.

Apa yang dilakukan Gattuso adalah cerminan apa yang dilakukan Jose Mourinho kala menangani Inter Milan berjumpa Barcelona. Berlangsung di San Polo Stadium, Dries Mertens berhasil mencetak gol pembuka di menit 30 memanfaatak umpan dari Piotr Zielinski. Sementara Antoine Grizmann keluar sebagai pahlawan Barcelona dengan mencetak gol penyama kedudukan di babak kedua tepatnya menit 57.

Dijadwalkan leg kedua akan berlangsung di Camp Nou Stadium pada 19 Maret 2020. Pada leg kedua Barcelona tidak dapat memainkan Bosquets dan Vidal lantaran akumulasi kartu.