Meski hanya berstatus ujicoba, laga Persib Bandung melawan PSKC Cimahi bisa jadi gambaran kekuatan skuat Maung menghadapi Liga 1 musim 2020. Pada laga yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (8/2) sore itu, pelatih Persib, Robert Rene Alberts memainkan skema eksperimental. Artinya, tiga pemain berposisi bek tengah bermain bersamaan.

Namun, Fabiano tidak bermain di pos yang sebenarnya. Dia justru berduet dengan Omid Nazari di gelandang tengah. Sedangkan, Nick Kuipers dan Victor Igbonefo menjadi duet di jantung pertahanan.

"Kami melihat kombinasi pertahanan yang baru antara Victor, Nick, dan Fabiano, bagaimana mereka bekerja bersama dalam formasi yang positif. Ini indikasi yang bagus karena mereka menunjukkan potensinya," ungkap Robert seusai laga. Selain Fabiano, perubahan lain di lini pertahanan adalah perubahan peran Ardi Idrus. Dia diplot sebagai bek sayap kanan. Sedangkan bek sayap kiri menjadi milik Zalnando.

Robert menurunkan I Made Wirawan di bawah mistar gawang. Di sisi sayap, Esteban Vizcarra beroperasi di kiri dan Febri Hariyadi di kanan. Duet penyerang menjadi milik Luiz dan Castillion. Robert memuji penampilan mereka. Menurutnya, hampir semua pemain mengalami peningkatan soal kombinasi di setiap lini.

"Kombinasi dalam melakukan satu‑dua sentuhan, tidak terlalu banyak menggiring bola yang tidak penting, dan mereka semakin bisa menemukan posisi yang tepat," ucapnya. Namun Robert mengatakan masih ada perbaikan soal ketika para pemain menguasai bola. "Ada lebih banyak opsi yang bisa diambil tapi kami belum menemukan," kata pelatih 65 tahun ini.

Pada laga kemarin, tak semua pemain tampil 90 menit. Dhika Bayangkara, Ghozali Siregar, Beckham Putra Nugraha, dan Zulham Zamrun dimasukkan. Mereka menggantikan Made, Vizcarra, Nick, dan Febri. Ketiadaan Nick di lapangan membuat Fabiano mundur untuk berduet dengan Igbonefo.

Wander Luiz mencetak gol di laga uji coba. Bahkan, pemain asal Brasil itu menjebol gawang PSKC Cimahi dua kali. Wander Luiz mencetak gol di menit 15 dan 72.

Sedangkan, satu gol lainnya disumbangkan oleh Geoffrey Castillion di menit 25. Di kubu PSKC, pelatih Robby Darwis puas dengan permainan anak asuhnya. Menurutnya laga ini sebagai ajang melihat kemampuan tim yang akan bertarung di kompetisi level kedua di Indonesia.

"Ada peningkatan, kemudian juga memberikan pembelajaran buat kami. Masih ada koreksi dan evaluasi ke Liga 2. Harus ada uji coba juga karena komunikasinya rada ragu," ujar Robby. Dalam persiapan tim, Robby mengatakan masih menunggu beberapa pemain rekrutan anyar. Dia berharap, pemain baru itu cepat bergabung. Ada dua nama yang dihubungkan dengan PSKC, yakni Atep dan Zulvin Zamrun, kembaran Zulham.

Menurut Robby, dua pemain itu masih dalam tahap negosiasi. (