Seperti belum puas dengan skuat yang ada, Persija Jakarta indikasikan akan mendatangkan satu pemain asing lagi, Minggu (2/2/2020). Sebenarnya kehadiran Marc Klok sudah memenuhi kuota pemain asing yang dimiliki Macan Kemayoran. Sebelumnya, Persija sudah memiliki Marco Simic, Rohit Chand, dan Marco Motta di slot pemain asing mereka.

Namun nyatanya Persija sepertinya belum puas dan akan menambah pemain asing yang baru. Hal ini dikarenakan Klok masih dalam tahap naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Mantan pemain PSM Makassar ini sejatinya sudah menguruh penggantian kewarganegaraannya sejak membela Juku Eja.

Manajemen Persija mengaku optimis proses naturalisasi sang pemain akan segera selesai. "Perkembangan (naturalisasi Marc Klok) bagus, bisa sesuai jadwal," terang Presiden Persija, Mohamad Prapanca dilansir . "Jadi seharusnya dalam waktu dekat mungkin bisa selesai," imbuhnya.

Marc Klok sejatinya masih belum memenuhi syarat mengenai minimal lima tahun bekerja di Indonesia untuk menjadi WNI. Namun pemain asal Belanda ini ternyata dikabarkan memiliki darah Indonesia dari silsilah kakek buyutnya. Lalu mengenai pemain asing yang diincar, Prapanca mengatakan timnya sudah mngincar satu pemain asing, namun masih belum disebutkan siapa pemain tersebut.

"Nantinya, mungkin akan ada satu slot pemain asing tersisa. Kami memang memperkuat tim kami dan berharap naturalisasi (Marc Klok) berjalan lancar," tuturnya. "Saat ini pun lami sudah punya kandidat (pemain asing lain)," pungkasnya. Marc Klok sendiri menjadi rekrutan kelima Persija Jakarta, setelah sebelumnya berhasil mendatangkan Otavio Dutra, Alfath Faathier, Evan Dimas, dan Rafli Mursalim.

Kedatangan Marc Klok tentu akan menambah kualitas dan kedalaman skuat tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut. Selain itu, Marc Klok akan menyempurnakan lini tengah Persija Jakarta mengingat sebelumnya mereka telah menggaet Evan Dimas Darmono. Kombinasi Marc Klok dan Evan Dimas Darmono seakan menjadi sinyal kuat Persija Jakarta untuk kembali merebut gelar juara kompetisi Liga 1 musim depan.

Selama berkostum tim Juku Eja, Marc Klok lebih banyak menempati posisi gelandang jangkar maupun penyeimbang permainan. Kehadiran Marc Klok juga akan membuat persaingan ketat untuk memperebutkan satu tempat di skuat utama Persija Jakarta. Rohit Chand dan Sandi Sute menjadi dua nama yang akan bersaing ketat dengan Marc Klok.

Walaupun demikian, Marc Klok merupakan pemain yang tidak hanya menempati satu posisi saja, ia merupakan tipe pemain yang serba bisa. Posisinya yang sangat sentral tersebut membuat dirinya selalu menjadi sosok yang tidak tergantikan di kesebelasan yang ia bela. Kini, Persija Jakarta memiliki skuat mumpuni yang hampir merata di setiap lininya.

Nama nama seperti Riko Simanjuntak, Heri Susanto, dan Novri Setiawan menjadi beberapa pemain lini tengah yang memiliki tipikal cepat di sektor sayap. Kehadiran Marc Klok secara tidak langsung akan membuat Evan Dimas bermain sebagai gelandang serang. Evan Dimas juga merupakan pemain yang tidak hanya menempati satu posisi saja, ia merupakan tipe pemain yang serba bisa.

Sehingga, dirinya bisa saling mengisi peran bersama Marc Klok di lini tengah Persija Jakarta pada musim depan. Berbagai keberhasilan Persija Jakarta mendatangkan pemain jempolan diyakini akan mengembalikan marwah Persija yang bertekad kembali merebut gelar juara Liga 1 musim depan.