Presenter pendamping Mamah Dedeh dalam acara Mamah dan Aa, Abdel Achrian bercerita bagaimana sosok Mama Dedeh yang dirinya kenal. Setelah diisukan meninggal kemarin, Abdel menceritakan bagaimana sosok seorang Mamah Dedeh yang dirinya kenal. Dalam twitter praibadinya, Abdel mengaku mengenal Mamah Dedeh 13 tahun lalu.

Keduanya dipertemukan dalam satu program acara dakwah di televisi. Abdel mengenang bahwa pertemuan pertama dengan Mamah Dede sebagai pribadi yang lucu "Awal ketemu di Indosiar 13 tahun yg lalu saat di acara Mamah dan Aa. Ketemunya ya pas live pertama. Gak ada briefing dan persiapan awal. Ujug2 pas live. Kesan pertama gw 'ini emak2 galak tapi kocak banget'," tulis Abdel di twitter pribadinya @abdelachrian.

Setelah itu Abdel mengenal seorang Mamah Dedeh bukan hanya saat on air saja. Diluar itu Abdel jadi mengetahui latar belakang bagaimana karakter seorang Mamah Dedeh dibentuk. Abdel menuturkan bahwa Mama Dedeh kehidupan kecilnya tinggal dekat sebuah penggilingan padi.

Untuk itu karakter itu membuat Mama Dedeh memiliki suara yang kencang. "Menurut gw Mamah bukan galak, tapi emang suaranya aje yg kenceng. Karena menurut Mamah udh kebiasaan dari kecil, tinggal di deket penggilingan padi, jadi mamah sekeluarga kalo ngomong harus kenceng untuk ngalahin suara mesin giling padi," tulis Abdel. Abdel sendiri mengapresiasi Mamah Dede soal urusan bersedekah.

Menurut Abdel, Mamah Dedeh kerap kali berbagi puluhan karung beras kepada mereka yang membutuhkan setiap bulannya. Hal ini jauh dilakukan dirinya sebelum muncul di televisi. "Tiap bulan puluhan karung beras yg dibagiin ke orang2 yg membutuhkan.. dan setelah gw tau ternyata kebiasaan ini udah dilakukan jauh sebelum Mamah muncul di tivi," tulis Abdel di Twitter.

Tidak tanya itu Abdel sendiri juga mengenang bagaimana kebaikan Mamah Dedeh mulai dari mengumrahkan beberapa kru acara yang dirinya pandu. Hingga membelikan rumah kepada satu diantara makeup artist yang mendandaninya. "Anak2 kru Mamah dan Aa, udah berapa banyak yg diumrohin sama Mamah. sampe sekuriti dan supir2 kebagian jatah umroh dari Mamah. Kayanya sih total bisa ratusan orang yg udah diberangkatin.

"Pernah ada makeup artist yang sering curhat kalo sering berantem sama mertuanye gara2 tinggal serumah. Ujug2 tuh makeup artis dibeliin rumah sama Mamah, supaya bisa bisa pisah dari mertua," imbuhnya. Kebaikan Mama Dedeh tidak hanya itu, Abdel juga mengenang kebaikan Mama saat dirinya membiayai nikahan beberapa orang yang dikenalnya. Tidak tanggung tanggung Mama Dedeh membiayai sampai acara resepsinya. "Ada juga bbrp orang yg gw kenal nikahannya dibiayain sama Mamah. Bukan cuman biaya penghulu, resepsinya pun ditanggung Mamah," ungkap Abdel.

Untuk itu dengan segala kebaikan dan kemurahatinya. Abdel berharap Mama Dedeh bisa terus panjang umur dan diberkahi segala kehidupanya. "Semoga Mamah Dedeh panjang umur… aamiin..," tutup Abdel. Berita meninggalnya Mama Dedeh menghebohkan pada Rabu (27/5/2020) pagi, Sejumlah WhatsApp grup dihebohkan dengan kabar meninggalnya pendakwah Dedeh Rosidah alias Mamah Dedeh.

Narasi yang disebar menjelaskan bahwa Mamah Dedeh meninggal pada Selasa 26 Mei 2020, pukul 22.28 WIB di Eka Hospital BSD. Pemilik nama lengkap Dedeh Rosidah ini merupakan ustadzah kelahiran Ciamis, 5 Agustus 1951. Namanya dikenal sebagai pengisi acara yang ditayangkan di sebuah stasiun swasta. (M22)