– Ketua Tim Medis PSSI, dr Syarif Alwi menyebut bahwa pihaknya telah menyusun protokol kesehatan jelang bergulirnya kembali Liga 1 dan Liga 2 2020. Penyusunan panduan protokol kesehatan ini dikatakan dr. Syarif Alwi juga telah dirapatkan dengan Kementerian Kesehatan yang setelah itu dibahas bersama dengan dokter Timnas U 15, U 16, senior dan Timnas putri juga. Bahkan, pria yang akrab disapa dokter Papi tersebut juga menampung masukan dari Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Kemudian, untuk menyebarkan hasil protokol kesehatan ini, nantinya akan dibuat workshop yang dihadiri oleh dokter dokter tim Liga 1 dan Liga 2. “Jadi nanti setelah ini semua akan sosialisasikan dengan dokter dokter semua klub Liga 1 dan Liga 2. Kemudian dokter yang senang sepakbola bisa gabung juga. Nanti kita kasih workshop dan virtual meeting ,” kata Papi saat dihubungi wartawan. “Kita harapkan kawan kawan teman sejawat dokter dokter, setelah ikut ini jadi paham menjalankan latihan pertandingan pada saat new normal covid 19. Nanti akan dikeluarkan sertifikat dan ditandatangani kemenkes dan PSSI,”

“Nanti dokter yang sudah mengikuti semacam workshop ini mereka bisa menjalankan bertindak sebagai dokter tim pada masa covid 19 ini, supaya tidak salah melangkah,” jelasnya. Setelah menyusun protokol kesehatan untuk penyelenggaraan pertandingan Liga 1 dan Liga 2, dokter Syarif beserta jajarannya kini juga menyiapkan empat protokol lainnya. Empat protokol tersebut disiapkan untuk klub, pemusatan latihan Timnas di semua usia, SSB dan pedoman khusus untuk kursus kepelatihan.