PLN menyediakan layanan untuk mengecek perhitungan rekening listrik kepada pelanggan di seluruh Indonesia. Layanan bernama layanan baca meter mandiri ini dapat diakses melalui WhatsApp Messenger PLN 123 di nomor02122123123. Pelanggan PLN hanya memfoto angka kWh pada meter listrik rumah masing masing untuk selanjutnya dijadikan prioritas utama PLN melakukan penghitungan tagihan listrik.

Adapun berdasarkan keterangan PLN dalam akun Instagramnya @pln_id, layananbaca meter mandiri untuk tagihan listrik tersedia mulai 24 27 Mei 2020 atau hari ini Rabu (27/5/2020). Selanjutnya, selama pandemi Covid 19 atau petugas tak berkunjung ke rumah, layananini akan disiapkan ditanggal 24 hingga 27 setiap bulannya. Untuk diketahui, pelaporan baca meter mandiri oleh pelanggan yang valid dilakukan dengan pengiriman foto angka stand meter yang akan dijadikan prioritas utama dasar perhitungan rekening listrik.

Jika pelanggan tidak dapat mengirimkan angka stand dan foto pada tanggal baca mandiri yang disediakan bagi pelanggan pada tanggal 24 27, maka angka stand yg akan digunakan adalah hasil dari baca petugas PLN. Tetapi jika pelanggan tidak dapat mengirimkan foto angka stand meter ataupun tidak dapat didatangi oleh petugas PLN, maka pemakaian listrik akan diperhitungkan rata rata 3 bulan terakhir. Selanjutnya, akan ada penyesuaian tagihan rekening listrik ketika nanti petugas PLN telah kembali dapat melaksanakan pembacaan meter ke rumah pelanggan saat kondisi kembali normal. Apabila Pengiriman angka stand dan foto kWh meter oleh pelanggan diluar dari tanggal yang telah ditetapkan, yaitu tanggal 24 27 Mei, maka tidak akan dijadikan angka tagihan listrik. 1. Hubungi PLN melalui WhatsApp dengan nomor 02122123123 2. Ketik “Halo”

3. Ketik 2 untuk melakukan baca meter mandiri 4. Baca informasi yang muncul 5. Masukkan ID Pelanggan

6. Jika ID pelanggan dan hari baca sudah sesuai, silakan ketik angka stand kWh meter 7. Ambil dan kirimkan foto kWh (angka stand harus terlihat jelas) 8. Selesai, PLN akan melakukan verifikasi data yang telah anda kirimkan

Pelanggan PLN dapat menikmati stimulus pembayaran listrik gratis dan diskon yang diberikan pemerintahselama tiga bulan, yakni mulai April, Mei, sampai Juni. Bantuan tersebut diberikan khusus kepada pelanggan PLN dengan daya 450 VA dan 900 VA subsidi. Khusus untuk bisnis dan industri kecil, Pemerintahmembebaskan tarif listrik bagi pelanggan golongan bisnis skala kecil (B1) 450 VA dan industri kecil (I1) 450 VA selama enam bulan, mulai Mei hingga Oktober 2020.

Seperti diketahui, Pemerintah memberikan stimulus untuk menekan dampak Covid 19 yang menjadi pandemi global. Lalu bagaimana cara mendapatkannya? Ada dua cara yang diberikan PLN untuk mendapat stimulus pembayaran tagihan listrik dari pemerintah.

Yakni melalui pesan WhatsApp dan akses laman resmi (website) PLN. Ketik pesan di nomor WhatsApp PLN: 08122123123. Kemudian, akan muncul balasan otomatis dari PLN yang berbunyi seperti berikut ini.

Halo Electrizen, pemerintah memberikan listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA & Diskon 50% untuk pelanggan rumah tangga 900 VA Subsidi (sesuai Basis Data Terpadu TNP2K). Ketik 1 untuk Info Listrik Gratis/ Diskon Stimulus Covid19 Bagikan info ini ke teman dan keluargamu

Mari saling melindungi dari virus corona dengan tetap melakukan anjuran physical distancing Hotline PLN (Kode Area) 123 " Lanjutkan mengetik kode 1.

Kemudian, PLN akan memintamu untuk menuliskan ID pelanggan atau nomor kWh meteran. Jika ID meteran memenuhi syarat, maka akan mendapatkan token listrik dan bisa langsung digunakan. Namun, jika ID meteran listrikmu tidak memenuhi syarat maka akan mendapatkan balasan seperti berikut ini:

Mohon maaf token kompensasi saat ini hanya diberikan kepada pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA Bersubsidi (sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) ." Buka lamanwww.pln.co.id. Setelah membuka laman resmi PLN, kemudian diarahkan ke situs layanan.pln.co.id.

Masuk ke menu 'pelanggan' Pilihlah 'Stimulus Covid 19' Masukkan ID pelanggan/nomor meteran di kolom yang tersedia.

Kemudian, akan muncul token listrik gratis di layar. Token listrik gratis tersebut bisa langsung digunakan. Masukkan kode token listrik sesuai ID pelanggan yang didaftarkan tadi.

Di setiap bulannya, warga harus selalu login kembali atau mengulang kembali dengan cara yang sama untuk mendapatkan listrik gratis dan token diskon 50 persen. Cek struk pembayaran sebelumnya. Lihat pada kolom Tarif/Daya.

Jika tertera kode R1, maka berhak mendapatkan keringanan. Cek struk pembayaran sebelumnya. Lihat pada kolom Tarif/Daya.

Jika tertera kode R1M, maka tidak mendapatkan keringanan.