Isi percakapan grup WhatsApp para menteri Presiden Jokowi 'terungkap'. Menteri Kabinet Indonesia Maju yang dipilih Presiden Jokowi memang cukup mencuri perhatian. Kinerja mereka terus disorot oleh publik.

Bahkan para menteri baru ini berani mengambil gebrakan yang menimbulkan pro kontra. Kendati demikian, beberapa kebijakan yang mereka ambil mendapat dukungan dari para netizen. Kerap terlihat serius dan berwibawa, sisi lain para menteri membuat publik penasaran.

Kini akhirnya terungkap isi percakapan mereka dalam grup WA yang berisikan para menteri Kabinet Indonesia Maju. Obrolan para menteri dalam percakapan tersebut mengundang berbagai reaksi publik. Tak sedikit yang terhibur dan tertawa membaca isi percakapan para menteri.

Kira kira, obrolan apa saja yang dibahas oleh para menteri ini di grup WA? Rupanya, isi chat WA para menteri 'bocor' ke publik dan ditampilkan dalam acara Mata Najwa yang tayang Rabu (19/2/2020). Dalam video tayangan isi chat para menteri terlihat bagaimana persiapan ketiga menteri yang diundang dalam acara Mata Najwa.

Mereka adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri BUMNErick Thohir, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama. Adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama yang mengawali pembicaraan di grup yang diberi nama Padepokan Kabinet Indonesia Maju. Wishnutama menulis sebentar lagi para menteri yang diundang akan segera naik ke panggung Mata Najwa.

Nadiem bertanya apakah Wishnutama tegang karena ini adalah kali pertama Wishnutama diundang ke Mata Najwa. "Gw sih udah 2 kali di Mata Najwa," balas Nadiem sembari menambahkan emoji tersenyum. Erick Thohir juga ikut menimpali dirinya pernah diundang tampil di Mata Najwa sebelumnya.

Menteri BUMN juga membagikan 'pengalamannya' ditatap mata Najwa sembari mengirimkan foto Suzanna yang sedang melotot. Balasan chat Erick pun membuat penonton Mata Najwa tertawa. Seolah menenangkan diri, Wishnutama menyebut yang akan lebih banyak ditanya adalah Erick.

"tp kan yg isunya lg gencar bagiannya elo," balas Wishnutama. Erick balas menjawab chat Wishnutama dengan menyinggung isu pariwisata yang terdampak virus Corona. Seolah mendukung Erick, Nadiem membagikan tautan berita terkait Wishnutama.

Wishnutama membalas dengan mengirimkan emoji seseorang berlari dengan embusan udara. Di tengah tengah chat, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono ikut nimbrung dan tampak sedang mengetik. Erick kemudian bertanya kepada Nadiem terkait Ujian Nasional (UN).

"UN udah gak ada lagi bro, mending lu fokus jiwasraya aja," balas Nadiem dengan tambahan emoji tertawa. Lagi lagi saat para 'juniornya' asyik chating, Menteri Basuki terlihat mengetik. Wishnutama akhirnya mengakui dirinya deg degan karena akan tampil di Mata Najwa.

"Biasanya gw jadi show director yang bikin panik kru, sekarang malah gw yang dibikin panik nih.." tulis Wishnutama. Wishnutama bertanya, kira kira apa pertanyaan host Mata Najwa, Najwa Shihab pada mereka. Tak disangka, Menteri Pertahanan,Prabowo Subiantoikut nimbrung dalam percakapan tersebut.

Ia mengirimkan gambar bertuliskan "Indonesia butuh anak muda yang friend sama media" dengan caption 'seperti saya' serta tautan berita tentang dirinya. Chat Prabowo tersebut langsung dibalas Erick. "Kalo ngaku friend, ke sini dong.." balas Erick sembari membagikan lokasi studio Mata Najwa.

Chat balasan Erick tersebut membuat Prabowo 'kesal.' Bahkan ia langsung memutuskan untuk meninggalkan grup WA para menteri disusul koleganya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. 'Ulah' Erick memancing Nadiem ikut berkomentar.

"Hayo looo @MenBUMN Erick wkwkwk," tulis Nadiem. Sementera itu, Menteri Basuki masih terlihat mengetik dan membuat Erick berkomentar, "Pak Bas dari tadi typing mulu gak komen2." Rupanya, Basuki mengirimkan sebuah stiker yang langsung ditimpali oleh Nadiem.

"Pak Bas drtd nyari2 stiker yg cocok," tulis Nadiem. "gw cuma mo bilang, kirim salam buat Nana," balas Basuki. Erick lantas menimpali Basuki yang terdengar akrab dengan Najwa Shihab.

Basuki kemudian mengirimkan video dirinya saat tampil di Mata Najwa, beberapa waktu lalu. "wkwkwkwk sakti emang Pak Bas," puji Nadiem. Tiba tiba saja, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM (Menko Polhukam), Mahfud MD ikut 'bersuara' di grup WA tersebut.

Mahfud MD menyapa para menteri muda ini dengan sebutan adek adek dan memberikan nasihat pada mereka. "adek2, saya udah bolak balik ke siaran langsung Mata Najwa.. yang penting itu kalo ditanya, jawabnya to the point aja ya, jangan bertele tele," tulis Mahfud MD yang dijawab siap oleh Nadiem. Mahfud MD lantas memberi pertanyaan pamungkas yang membuat para menteri muda ini menghapus pesan mereka.

"btw adek2, kalian kenapa diskusi begini di grup ini?" tanya Mahfud MD. Tak berselang lama, PresidenJokowitiba tiba muncul dan terlihat mengetik. MengetahuiJokowihendak masuk dalam percakapan, sejumlah menteri langsung meninggalkan grup.

Yang pertama adalah Erick, disusul Basuki, Wishnutama, Mahfud MD, dan terakhir Nadiem. Isi percakapan 'imajiner' grup WA para menteri ini pun membuat penonton tepuk tangan. Termasuk warganet yang ikut terhibur dengan isi chat 'settingan.'

Walau tahu, percakapan itu sengaja dibuat sekaligus untuk lucu lucuan, tapi warganet mengapresiasi ide kreatif ini. Bahkan cuplikan isi chat grup WA para menteri banyak dibagikan ke media sosial. Lukman Hasyim: Kreatif ide chat WA nya.

Risky Raditya: Sekali kali bercanda jangan seriusan terus Mas_kenz Channel: Wkwkwkkww ini yg d butuhkan negri ini para mentri becanda dalam kesehariannya tp serius dan tegas pada saat bertugas demi negri ini Momy Q: Ya Allah…… Lucu banget baca WA orang2 hebat di tambah p Basuki jawabannya itu itu aja hihihihihi…. Kerja kerja kerjaaaaaa

Hendra Simbolon: Paling lawak nih….PakJokowityping, smuanya lngsung pada left.