Ustaz Riza Muhammad ditimpa kabar kuranh sedap. Ia deberitakan bangkrut karena tak mampu bayar tagihan listrik sebesar Rp 5 juta. Namun kabar itu buru buru dibantah oleh ustaz kondang satu ini.

Dirinya tegas menyatakan tidak bangkrut seperti sebagian pemberitaan yang beredar di media sosial. Kabar tentang Riza Muhammad itu sebelumnya diketahui dari unggahan di kanal Youtube Net Entertainment News yang diunggah pada Kamis (06/08/2020). Dalam unggahan itu, Ustaz Riza menunjukkan kertas peringatan dan pemutusan listrik dari PLN.

Sang Ustaz mengaku tak terima lantaran merasa diancam oleh PLN. Padahal, bila PLN datang baik baik dan memberikan waktu ia mengaku akan membayar. Tak hanya itu, ia juga curhat dengan situasi covid 19 yang membuat pekerjannya datang tak menentu.

"Saya tidak pernah ngadat dalam bayar PLN, jadi setiap beberapa hari sekali saya pasti terima surat peringatan plus pemutusan. Bayangkan, covid 19, situasi kerja nggak nentu di mana masyarakat betul betul menerime kebijakan. Berapa kali petugas datang dengan kata bila hari ini tidak bayar maka akan diputus itu ancaman bagi saya. Kalau memang mereka datang untuk kasih waktu dan peringatan pasti kita terima, karena pasti kita akan membayar. Kalimat kalimat kalau tidak bayar akan diputus itu menurut saya nggak bijak ya, karena setiap masyarakat punya hak," terang sang ustaz.

Mengetahui hal itu, petugas PLN yang duduk di sebelahnya pun angkat bicara. Ia mengaku telah melakukan tugasnya sesuai aturan dari perusahaan. "Ketika, pelanggan tidak melakukan pembayaraan sampai masa waktu pembayaran di aturan kami jelas.

Selain kena denda keterlambatan itu PLN dari pihak pertama sudah berhak melakukan pemutusan sementara. Ketika pelanggan sudah membayarkan maka akan dilakukan pembayaran kembali," ujar petugas PLN. Sementara itu, istri dari Ustaz Riza, Indri Giana mengaku takut bila terjadi pemutusan.

Ia lantas membayar tagihan Rp 5 juta rupiah itu. "Jadi saya akan bayar ya mas hari ini, entah uang dari mana, yang jelas kita lunasi hari ini, nanti kedepannya kita nggak akan telat lagi," ujar Indri. Mengetahui kejadian tersebut, sang ustaz pun sampai menangis lantaran merasa dibuat malu.

"Saya nggak tahu hikmah di balik semua ini apa,saya malu banget saya malu banget Saya belum pernah yang seperti ini, saya belum pernah yang nggak bayar listrik tu nggak pernah," terangnya. Saking kesalnya, Ustaz Riza pun sampai nekat meminta PLN untuk memutus listriknya apabila telat membayar.

"Makanya selanjutnya kalau mau diputus di putus ajalah, dari pada ditagih seperti saya punya utang berbulan bulan nggak bayar, padahal baru baru telat beberapa hari aja," pungkasnya. Sayangnya video Ustaz Riza Muhammad itu kemudian dipelintir oleh sejumlah akun di media sosial, hingga timbul rumor jika sang pendakwah kini sudah habis habisan. Mencegah rumor liar terus berkembang, Ustaz Riza Muhammad pun memberikan klarifikasinya dalam video yang diunggah di akun Instagram.

"Saya cuman mau mengklarifikasi nih, (katanya) gara gara PLN Ustaz Riza bangkrut. Bangkrut darimana? Saya cuma ingin meluruskan berita media online yang tidak bisa dipertanggungjawabkan," buka Ustaz Riza. Menurutnya cap bangkrut yang disematkan kepadanya adalah bohong dan tidak benar. "Gara gara listrik saya diberitakan melarat. Masa iya Rp 5juta buat bayar listrik saya melarat? Kan saya bisa jual satu kursi saya seharga Rp 5 juta untuk bayar listrik kalau memang mau," ungkapnya.

"Ini bukannya tidak mau bayar tapi tertunda. Tetap saya bayar karena ada uang, tapi transfernya memang telat," ucapnya. Ia pun memberi pesan kepada media online agar tidak lagi membuat berita yang tak bisa dipertanggungjawabkan. "Dan buat temen temen di seluruh Indonesia, Ustaz Riza tidak pernah melarat gara gara bayar listrik Rp 5 juta. Karena pemberitaannya sudah merugikan pihak saya," tegasnya.

Ustaz Riza Muhammad juga membantah jika ia sengaja menjual simpati kepada orang orang. "Sekali lagi saya tidak butuh bantuan dan rasa kasihan dari kalian semuanya karena keuangan kami bisa mengatasi. Itu saja," kata dia. Sementara dalam caption yang ia tulis, ia mempersilakan siapapun datang ke rumahnya untuk mengetahui fakta sebenarnya.

"saya tidak pernah bangkrut apalagi melarat Buat media online tolong dong kasih berita yg bertanggung jawab, saya tidak pernah bangkrut bung cuman gara gara uang listrik 5 juta. Datang ke rumah dong …lihat faktanya," tulis Ustaz Riza.

Unggahan Riza Muhammad itu lantas menuai beragam komentar dari warganet pengguna Instagram.