Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa resmi masuk dalam rekomendasi Pilkada Solo 2020 dari PDIP. Hal ini disampaikan oleh Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Sedangkan Achmad Purnomo yang mundur dari Pilkada Solo tidak ikut diundang dalam undangan pengumuman rekomendasi.

Rudy yang juga merupakan Wali Kota Solo itu menyebut surat undangan terkait pengumuman rekomendasi sudah ada. Surat itu mengatasnamakan Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan Wakil Ketua Bidang Pemenangan DPC PDI Perjuangan Kota Solo. Menurut Rudy, Teguh Prakosa dan Gibran Rakabuming Raka juga turut mendapatkan surat undangan itu.

"Yang diundang saya, sekretaris, wakil ketua bidang pemenangan pemilu, Teguh dan Gibran," kata Rudy, Kamis (17/7/2020). "Pak Purnomo tidak diundang," imbuhnya. Rudy menjelaskan bakal calon yang mendapatkan surat undangan DPD itu berpotensi besar mengantongi rekomendasi PDI Perjuangan.

Namun, ia belum mau membeberkan secara gamblang komposisi calon kepala daerah yang diusung dalam kontestasi Pilkada Solo 2020. "Kira kira yang mendapatkan rekomendasi itu, untuk posisinya di mana saya belum tahu," jelasnya. Rudy mengatakan, setelah rekomendasi turun, mesin partai kini siap digerakkan.

Ia mengatakan, mesin partai siap memenangkan rekomendasi yang diputuskan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. "Sudah mengikuti Pemilu lima kali, mesinnya tinggal distarter, rampung," kata dia. "Yang jelas saya ini kader partai keputusan Ketua Umum wajib dimenangkan siapapun yang mendapatkan rekomendasi," tegasnya.

Besok, Teguh dan Gibran akan menghadiri pengumuman rekomendasi PDI Perjuangan di Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Panti Marhaen, Semarang. Rudy dan sejumlah jajaran DPC PDI Perjuangan Kota Solo turut dalam rombongan ke Semarang. "Undangannya ke saya, acaranya di DPD Jawa Tengah, besok berangkat ke Semarang," ucap Rudy.