Pertandingan lanjutan pekan ke 20 kompetisi Liga Inggris 2019/2020 telah selesai digelar, Senin (29/12/2019). Duo Manchester mampu meraih kemenangan identik, hal ini dikarenakan baik United dan City menang dengan skor dua gol tanpa balas atas lawan lawannya. Lalu, Arsenal dan Tottenham Hotspurs menjadi dua tim yang gagal meraih kemenangan dalam laga di penghujung tahun 2019 ini.

Tim tim seperti Liverpool, Leicester City, Everton, hingga Chelsea mampu meraih tiga poin penuh. Pertandingan pembuka pekan ke 20 mempertemukan antara Brighton & Hove Albion menjamu Bournemouth di Stadion Falmer. Brighton yang bertindak selaku tuan rumah berhasil meraih kemenangan atas lawannya.

Sekaligus mengakhiri tren buruk yang tanpa kemenangan dalam empat laga terakhirnya. Bermain dikandang sendiri, Brighton mampu mengalahkan Bournemouth dengan skor dua gol tanpa balas. Dua gol kemenangan tim tuan rumah masing masing satu gol dicetak oleh Alireza Jahanbakhsh (3`) dan Aaron Mooy (79`).

Menguasai possesion ball hingga 56% membuat Brighton mampu tampil ciamik didepan pendukungnya sendiri. Pertandingan selanjutnya mempertemukan antara Southampton melawan Crystal Palace. Dalam laga yang berlangsung di Stadion St Marry tersebut, laga kedua tim berakhir dengan imbang 1 1.

Crystal Palace selaku tim tamu unggul terlebih dahulu lewat gol dari James Tomkins pada menit ke 50. Berawal tendangan bebas dari Milivojevic, ia mampu melakukan sundulan mematikan yang tidak bisa dijangkau kiper Soton. Serangan demi serangan yang dilakukan Southampton akhirnya membuahkan hasil setelah Danny Ings mencetak gol pada menit ke 74.

Gol dari Danny Ings tersebut juga secara tidak langsung menyelamatkan tim tuan rumah dari kekalahan. Performa mengesankan kembali ditunjukkan oleh Everton dibawah tangan dingin Carlo Ancelloti. Melakoni laga tandang di Stadion James Park, tim asuhan Ancelotti mampu mengalahkan Newcastle United dengan skor 1 2.

Dua gol kemenangan tim berjuluk The Toffes dicetak oleh Dominic Calvert Lewin pada menit ke 13 dan ke 64. Sedangkan, gol balasan kubu tuan rumah dihasilkan oleh Fabian Schar menit ke 56. Performa impresif kembali ditunjukkan oleh Watford di depan pendukungnya sendiri.

Setelah meraih kemenangan melawan Manchester United di laga sebelumnya, Deolefeu dkk mampu kembali mendapatkan tiga poin saat melawan Aston Villa. Bermain didepan publinya sendiri, Watford mampu menjungkalkan Aston Villa dengan skor tiga gol tanpa balas. Dua gol dari Troy Deeney dan satu gol lainnya dari Ismaila Sarr membuat Watford meraih kemenangan atas Aston Villa di Stadion Vicarage Road.

Hasil berbeda harus diraih oleh Leicester City dan Tottenham Hotspurs yang sama sama melakoni laga tandang. Leicester City yang bertindak sebagai tim tamu mengandaskan perlawanan dari West Ham United di London Stadium. Pertandingan antara Leicester City kontra West Ham United berakhir dengan skor 1 2 untuk keunggulan tim asuhan Brendan Rodgers.

Dua gol kemenangan Leicester City masing masing satu gol dicetak oleh Kelechi Iheanacho (40`) dan Demarai Gray (56`). Sedangkan, satu gol balasan dari tuan rumah dihasilkan oleh Pablo Fornals pada menit ke 45 setelah menerima assist dari Felipe Anderson. Kemenangan tersebut membuat Leicester City menjaga jarak dengan Liverpool selaku pemuncak klasemen sementara.

Jamie Vardy dan kolega saat ini telah mengoleksi 42 poin dari 20 penampilan yang telah dilakoni, terpaut 10 angka dari Liverpool yang menyisakan dua laga. Sedangkan, Tottenham Hotspurs selaku tim tamu gagal mengikuti jejak yang ditorehkan oleh Leicester City. Dalam laga yang berlangsung di Carrow Road, Tottenham Hotspurs harus puas berbagi satu angka dengan Norwich City.

Saling berbalas gol menjadi momen menarik laga antara Norwich City kontra Tottenham Hotspurs kali ini. Norwich City yang bertindak sebagai tuan rumah mampu unggul terlebih dahulu lewat gol yang dicetak oleh Mario Vrancis pada menit ke 18. Tottenham Hotspurs yang kini dilatih oleh Jose Mourinho baru mampu menyamakan kedudukan pada menit ke 55 lewat gol Christian Eriksen lewat tendangan bebas indahnya.

Tak berselang lama, Norwich City kembali unggul lewat gol bunuh diri dari Serge Aurier pada menit ke 61. Lagi lagi tim tamu mampu menyamakan kedudukan lewat gol penalti yang dicetak oleh Harry Kane pada menit ke 83. Gol dari Kane tersebut juga bermakna menyelamatkan Tottenham Hotspurs dari kekalahan di laga akhir tahun 2019 ini.

Terakhir, Manchester United yang melakoni laga tandang mampu meraih kemenangan 0 2 atas Burnley. Gol dari Anthony Martial dan Marcus Rashford mampu membawa Manchester United kembali ke tren kemenangan. Lalu,Arsenal yang bertindak sebagai tuan rumah harus kembali tertunduk lesu setelah dipaksa mengakui keunggulan Chelsea.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Emirates itu, Arsenal harus takluk dari Chelsea dengan skor 1 2. Sempat unggul terlebih dahulu lewat gol yang dicetak oleh Pierre Emerick Aubameyang pada menit ke 13 di babak pertama. Chelsea mampu bangkit dan comeback meraih kemenangan setelah Jorginho dan Tammy Abraham membobol jala gawang Bernd Leno pada sepuluh menit akhir pertandingan.

Dilanjutkan,Liverpool yang bertindak sebagai tuan rumah kembali mampu meraih kemenangan kesepuluhnya secara beruntun di Liga Inggris. Wolverhampton Wanderers menjadi korban keganasan Liverpool selanjutnya dalam laga lanjutan pekan ke 20 Liga Inggris musim 2019/2020. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Anfield, Liverpool mampu menyudahi perlawanan dari Wolverhampton Wanderers dengan skor 1 0.

Gol dari Sadio Mane pada menit ke 43 mampu membawa Liverpool meraih tiga poin sekaligus memperkokoh posisi di puncak klasemen. Hingga kini, Liverpool telah mengoleksi 55 poin dari total 19 penampilan yang telah dijalani di liga domestik. Kini, Liverpool memperlebar jarak dengan Leicester City yang berada diposisi kedua dengan 13 poin.

Performa gemilang yang ditunjukkan oleh Kevin De Bruyne mampu membantu Manchester City mempecundangi Sheffield United dalam lanjutan Liga Inggris, Senin (30/12/2019) dinihari. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Etihad, torehan satu gol dan satu assist dari Kevin De Bruyne membuat The Citizen mengalahkan tim tamu dengan skor dua gol tanpa balas. Dua gol kemenangan Manchester City masing masing satu gol dicetak oleh Sergio Aguero (52') dan Kevin De Bruyne (82').

Kemenangan tersebut membuat Manchester City masih menempati posisi ketiga dengan koleksi 41 poin. Tim asuhan Pep Guardiola terus mengintai Liverpool dan Leicester City yang berada pada posisi pertama dan kedua di klasemen sementara Liga Inggris 2019/2020. 0 Bournemouth

Southampton 1 1 Crystal Palace Newcastle 1 2 0 Aston Villa

Norwich City 2 2 Tottenham West Ham 1 2 Burnley 0 2

Arsenal 1 2 0 Wolves 0 Sheffield United