Jamaah Tarekat Syattariyah di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat merayakan Idul Adha 1441 Hijriah pada Sabtu (1/8/2020) hari ini. Dalam Tarekat Syattariyah, cara menentukan jatuhnya 10 Zulhijah dilakukan berdasarkan bilangan takwim khamsiah, yang telah diajarkan secara turun temurun dari ulama terdahulu. Mereka lebih lama satu hari ketimbang mayoritas warga muslim di tanah air yang sudah merayakannya, pada Jumat (31/7/2020) kemarin.

"Iya hari ini baru Salat Idul Adha, setelah itu baru menyembelih hewan kurban," kata salah seorang jemaah Tarekat Syattariyah, Nurrahmah. Lokasi Masjid Istiqomah beralamat di Jorong Tangah Nagari Muaro, Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat (Sumbar). Masyarakat melaksanakan Salat Idul Adha di masjid dan musala dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Sebagian ada yang pakai masker, ada juga yang tidak, tetapi tetap jaga jarak dan bawa sajadah masing masing dari rumah," tutur Nurrahmah. Salat Idul Adha selesai sekitar pukul 08.30 WIB dan jemaah langsung pulang ke rumah masing masing.