Partai Gerindra sampai saat ini belum memutuskan terkait akan mendukung Gibran Rakabuming Raka atau tidak di Pilkada Kota Solo 2020. Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyebut partainya akan melihat situasi dan konsdisi di Kota Solo. "Kami akan lihat situasi dan kondisi di sana, kekuatannya bagaimana, situasinya bagaimana dan semuanya serba terbuka," ujar Ahmad Muzani yang dilansir dari YouTube Kompas tv, Jumat (7/2/2020).

Muzani menegaskan semua bakal calon kepala daerah yang masuk ke dalam penjaringan Partai Gerindra diperlakukan sama. "Tentu siapapun, kami mendudukan itu sama, kan akhirnya rakyat Solo juga yang akan menentukan siapa calon walikotanya," imbuhnya. Saat disinggung terkait dukungan Gerindra kepada Gibran Rakabuming, Muzani menyebut hal itu belum diputuskan.

Bahkan ia juga menegaskan belum ada wawancara khusus dengan Gibran. Muzani menyebut saat ini partainya masih melakukan penjaringan terhadap bakal calon kepala daerah. "Belum, kita masih menyaring proses dari daerah dari DPC ke DPD dan dari DPD ke DPP," ujarnya.

Muzani menyebut terkait apakah akan menyerahkan dukungan kepada Gibran Rakabuming Raka atau bukan dalam Pilkada Kota Solo 2020 semua ditentukan oleh DPP Gerindra. "Nanti di DPP kami akan godok proses itu termasuk putranya Pak Jokowi," kata Muzani. Selain Gerindra, Partai Demokrat juga tertarik untuk mendukung putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dalam Pilkada Kota Solo 2020.

Bahkan Ketua DPC Partai Demokrat Surakarta, Supriyanto menyatakan dukungannya terhadap bakal calon wali kota Surakarta Gibran Rakabuming. Supriyanto juga menuturkan dukungannya ini tak lepas dari restu Ketua Umum (Ketum) Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Restu tersebut sudah disampaikan secara lisan ke Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah.

Supriyanto mengaku DPC dengan DPD juga sudah menjalin komunikasi dengan DPP partai. "Kami konsisten sejak awal terkait dukungan kepada Mas Gibran," tegasnya yang dikutip dari Adapun alasan Partai Demokrat mendukung Gibran karena putra sulung Jokowi ini sosok anak muda.

Diharapkan program yang nantinya ia buat dapat dengan cepat berjalan dan sesuai sasaran. "Kami mendukung tanpa syarat," kata Supriyanto. "Dalam konteks kami ingin sebuah pemerintah yang fresh," imbuhnya.

Gibran Rakabuming Raka memberikan respons terkait dukungan yang diberikan oleh Partai Demokrat Surakarta terhadap dirinya yang akan maju di Pilkada Solo 2020. Gibran mengaku menyambut baik dukungan tersebut dan mengucapkan rasa terima kasihnya. "Terima kasih untuk dukungannya," ujar Gibran yang dikutip dari

"Saya menyambut baik semua dukungan partai," imbuhnya. Meski demikian, Gibran mengaku saat ini tengah fokus dalam menunggu keputusan rekomendasi DPP PDI P untuk masju di Pilkada Kota Solo 2020. "Tunggu nanti dulu saja, tunggu rekomendasi dulu," kata Gibran.