Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini gelombang tinggi di Indonesia untuk Sabtu, 18 Juli 2020. BMKG memperkirakan adanya gelombang tinggi mulai 1,25 hingga 6 meter di beberapa perairan Indonesia. Dikutip dari maritim.bmkg.go.id, Jumat (17/7/2020), terdapat pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Timur Selatan dengan kecepatan 5 18 knot.

Sedangkan pola angin lain terdapat di wilayah selatan Indonesia dari Timur Tenggara dengan kecepatan 8 25 Knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Banda bagian Barat, Laut Arafuru, dan Perairan selatan P.Yos Sudarso. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Adapun saran keselamatan yang harus diperhatikan. Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m) Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m)

Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m) Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m) Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.