Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menyalurkan lima ribu paket sembako ke masyarakat pesisir di Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi lewat “Ekspedisi Laut Kolinlamil Peduli” pada Selasa (19/5/2020). Kegiatan tersebut dilakukan untuk membantu pemerintah dalam meringankan beban warga masyarakat yang terkena dampak sosial ekonomi wabah covid 19. Kegiatan bakti sosial yang diinisiasi Staf Potensi Maritim Kolinlamil ini menggunakan sarana KAL atau Kapal Angkatan Laut Nirwana milik Kolinlamil untuk pergeseran bahan bantuan sosial dan personel yang terlibat menuju pesisir Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Sebelum bertolak, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono melepas satuan tugas bakti sosial tersebut dalam upacara pelepasan di Dermaga beaching, Mako Kolinlamil. Hal tersebut disampaikan Ahmadi dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Kolinlamil pada Selasa (19/5/2020). "Ekspedisi laut Kolinlamil peduli ini mendistribusikan 5000 paket sembako terhadap masyarakat 2 desa dan 5 dusun di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Mereka mayoritas adalah nelayan nelayan kecil yang dalam situasi sekarang ini mengalami dampak sosial ekonomi akibat wabah virus covid 19. Kolinlamil berupaya meringankan beban mereka dengan bantuan ini," kata Ahmadi.

Selain itu Ahmadi menyampaikan kegiatan Kolinlamil peduli melalui ekspedisi laut juga juga merupakan salah satu rangkaian dari peringatan HUT ke 59 Kolinlamil tahun 2020. "Sebagai ungkapan rasa syukur Kolinlamil diusianya yang ke 59, pada 1 Juli mendatang maka momentum kegiatan bakti sosial ini sebagai salah satu bentuk rasa syukur dengan berbagi kepada masyarakat pesisir Muara Gembong yang juga sebagai daerah binaan Kolinlamil," kata Ahmadi. Saat lintas laut menuju ke Pantai Bahagia, Muara Gembong, Tim ekspedisi laut Kolinlamil peduli membagikan 300 paket sembako ke para nelayan yang sedang melaut.

Pendistribusian lewat laut tersebut biasanya dilaksanakan saat Operasi Bakti Sosial Bhaskara Jaya TNI AL. Daerah sasaran yang menjadi sasaran pendistribusian diantaranya Desa Pantai Mekar, Pantai Bahagia, Dusun Muara Pecah, Dusun Beting dan Dusun Blubuk. Paket sembako tersebut disalurkan melalui KAL ke kapal nelayan saat lintas laut, Kantor Kepala Desa, dan dari pintu ke pintu.

Hal tersebut untuk mempermudah pendistribusian kepada masyarakat Muara Gembong. Di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong pembagian paket sembako diawali secara simbolis oleh Komandan Satgas Ekspedisi Laut Kolinlamil peduli yang juga Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Hari Mulyadi bersama dengan Ketua Pengurus Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Wiek Ahmadi kepada warga. Kegiatan kemudian dilanjutkan oleh satgas secara bergiliran kepada 2072 warga Desa Pantai Bahagia.

Protokol kesehatan juga tetap berlaku dalam kegiatan berbagi sembako ini untuk menjaga antar fisik atau phsycal standing. “Adapun jenis bahan bahan sembako yang dibagikan berkisar yang kebutuhan bahan pokok yang menjadi kebutuhan sehari hari masyarakat,” kata Hari. Hari mengatakan bantuan paket sembako tersebut diharapkan dapat bermanfaat untuk meringakan beban masyarakat kurang mampu ditengah pandemik covid 19, khusunya bagi masyarakat pesisir Muara Gembong.