Nama Panji Petualang belakangan banyak diperbincangkan di media sosial. Panji sendiri sekarang aktif ngevlog untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia tentang binatang buas dan reptil. Di rumahnya, ia sudah mengoleksi sejumlah binatang buas.

Salah satu yang terkenal adalah King Kobra bernama Garaga. Garaga adalah salah satu binatang buas peliharaan Panji, tercatat ia juga memiliki reptil hingga ular sanca yang dibuatkan kandang sendiri. Muncul pertanyaan, dengan Panji mengoleksi sejumlah hewan ekstrem tersebut, bagaimana reaksi anak anaknya?

Dalam unggahan di akun Instagram, Senin (27/1/2020), Panji bercerita soal anak anaknya yang kini mulai menyukai ular. Meski Panji Petualang sendiri merupakan penakluk hewan buas, tapi terbersit kekhawatiran saat anak anaknya bermain dengan ular berbisa. Tapi Panji tak bisa melarang, sebab masa kecilnya juga seperti anak anaknya sekarang.

Sementara itu, anak keduanya sangat suka main ke sawah untuk berburu ular. "Saya punya 2 anak, putri dan aufa Anak ke dua saya aufa sangat tertarik pada ular, mungkin karena bapak nya juga suka ular.

Hampir tiap hari aufa ke sawah dan berakhir dengan di kejar mamanya @putrinajaquin24," cerita Panji tentang anak keduanya. Panji merasa dirinya egois jika melarang anaknya menangkap ular di alam. "Saya tau egois melarang aufa menangkap ular di alam, karena saat kecil saya sendiri juga sama seperti aufa.

Suka cari ular ke sawah dan tangkap ular di alam," tulisnya. Panji pun tak kehabisan akal. Ia akhirnya mencarikan ular tak berbisa untuk teman main anaknya.

"Tapi sebagai orang tua saya tidak membatasi keinginan anak saya untuk bisa mengenal ular, sayapun akhirnya memelihara banyak ular tidak berbisa untuk anak saya. Bukan hanya memelihara saya juga mengajari anak saya untuk mengenal dahulu mana ular berbahaya mana yang tidak. Saya tau anak belum tau mana hal bahaya dan tidak jika orang tuanya gk ngasi tau.," ungkapnya.

Dan cara itu menurut Panji Petualang cukup efektif. "Sekarang ada banyak perubahan yang di alami aufa. Dia tidak tertarik lagi ke sawah dan memilih untuk bermain dengan ular peliharaan yang tidak berbisa yang tentunya aman untuk si anak

Sekian cerita dari saya dan anak saya, saya himbau untuk para orang tua yang anaknya mulai suka hewan,sedari sekarang ayok mulai bimbing dan awasi anak kalian ya," tutup Panji. Beberapa waktu lalu, Panji sempat membuat video tentang kisah hidupnya dulu dan sekarang. Sebagai bukti kesuksesan dan motivasi bagi orang lain, Panji Petualang memperlihatkan kondisi rumahnya dulu dan sekarang.

Ya, diketahui Panji Petualang kini tinggal di hunian yang cukup mewah bersama anak istrinya. Tapi siapa sangka, dulunya Panji Petualang tinggal di rumah sederhana bersama orang tuanya. Panji tak malu memperlihatkan rumah yang ia huni masa kecil.

Rumah itu tampak sederhana dan kini sudah rusak karena tak berpenghuni. Panji sempat bercerita tentang rumah masa kecilnya ini. "Sebelum dikenal sebagai Panji Petualang, Panji kecil pernah tinggal di rumah ini dalam kondisi serba keterbatasan, penuh kekurangan, dan kurang beruntung." ujar Panji menceritakan rumahnya.

"Namun saya tetap terus berjuang dan semangat untuk bisa menggapai mimpi saya waktu itu," tutur Panji. Bertahun lamanya menekuni hobi sebagai pecinta binatang membuat Panji Petualang kini menikmati hasilnya. Ia bisa membangun rumah lumayan besar dan cukup mencolok di kompleksnya untuk ditinggali bersama anak istri.

Rumah berlantai dua itu didominasi cat warna hitam. Rumah ini memiliki fasilitas lengkap dan tentunya Panji membuatkan kandang untuk binatang buasnya. Tak cuma penyayang binatang di kehidupan nyata Panji Petualang juga merupakan sosok penyayang keluarga.

Di tengah kesibukannya membuat video atau trip keluar kota, Panji selalu menyempatkan diri berkumpul dengan keluarga. "Kalau tidak trip keluar kota, saya selalu menghabiskan waktu dengan keluarga kecil saya ini," ungkap Panji. "Merekalah orang yang selalu memberi semangat," tambah dia.

Meski kini menjadi sosok yang dikenal banyak orang, namun Panji Petualang dikenal sebagai sosok sederhana. Ia juga dekat dengan ibundanya yang kini tinggal terpisah. Menurut Panji, ibunya adalah guru pertama sekaligus orang yang bisa membuat dia sukses seperti saat ini.

Selain rumah mewah, dari hasil kerja kerasnya Panji Petualang kini juga memiliki koleksi mobil mahal. Dalam channel Animal Stories Indonesia, terungkap koleksi mobil Panji Petualang. Tercatat ia memiliki tiga mobil.

Pertama sedan Corolla tahun 90an yang merupakan mobil bersejarah. Sementara untuk harian, Panji memilih memakai Grand Livina karena dia anggap irit dan nyaman. Panji Petualang juga memiliki mobil mewah BMW, tapi ia justru mengatakan mobil itu boros dan jarang memakai meskipun nyaman.

"Sebetulnya enggak penting lo punya mobil banyak, tapi intinya karena ada rezeki lebih istri kepengin BMW, jadi beli ini." "Ini juga mobil tahun 2013 jadi bukan beli mobil baru. Mobil seken. Yang baru bisa mencapai Rp 1miliaran," kata Panji. Menurut Panji, semua mobil yang ia miliki itu merupakan titipan Yang Maha Kuasa.