Video seorang wanita, pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yangmemutuskan resign atau mengundurkan diri dari pekerjaannya viral di TikTok. Keputusannya memilih keluar dari pekerjaan itupun menuai cibiran. Videoviral tersebut awalnya diunggah oleh akun TikTok @sugarush.aj pada Senin (24/8/2020) lalu.

Sang pengunggah, Ody, mengatakan tak menyangka videonya tersebut bisa menjadi viral. Sementara itu, Ody mengatakan, keputusannyamemilih keluar dari pekerjaan memang menimbulkankesan tidak bersyukur. "Menurut aku, memang terkesan kurang bersyukur gitu ya karena kan di BUMN sendiri kalau negara resesi yang diutamakan BUMN daripada swasta."

Ody menyebutkan,video TikTok mengenai keputusannya memilih keluar dari BUMN ini juga membuatnya disebut sebut gila dan nekat. "Kadang dibilang gila, nekat keluar dari kerjaan bahkan setaraf BUMN, resign di tengah pandemi, begitu," ungkap Ody. Namun, Ody yang lebih memilih keluar dari pekerjaannya untuk lebih fokus menjalankan bisnis cold pressed juice ini tampak begitu santai menanggapi beragam komentar terhadap dirinya.

Ody menceritakan,ibunya pun sempat tak setuju dengan keputusannya membuka usaha sendiri. Namun, menurut Ody, sang ibu kemudian dapat mengerti bahwa berbisnis merupakan passion nya sejak dulu. Selain itu, Ody mengatakan, dirinya memang sangat ingin merasakan memiliki usaha sendiri.

"Dulu mamaku nggak pernah setuju kalau aku buka usaha sendiri tapi karena memang dia melihat aku passion nya di situ, aku sangat sangat penasaran untuk mandiri finansial, maksudnya tanpa ada gaji gitu, aku pengin coba (usaha) sendiri," terang Ody. Ody juga menjelaskan, dirinya memilih keluar dari BUMN, tempatnya bekerja selama dua tahun terakhir ini, dengan baik baik. "Aku jujur sama orang orang kantor kalau akunggak tahu nih bisnisnya akan naik atau nggak banyak peminatnya."

"Cuman, aku di sini resign baik baik. Semoga ke depannya kalau misalnya ada apa apa bisa ada peluang lagi di sini. Aku lebih minta izinnya kayak gitu pas keluar," jelas Ody. Menurut Ody, HRD di tempatnya dulu bekerja pun sempat menawarkan dirinya untuk pindah divisi. Namun, Ody memberi pengertian bahwa dirinya benar benar ingin memulai bisnisnya.

"Waktu aku ngobrol samaHRD juga bahkan dia nyuruh aku ke divisi lain, cuman aku kasih pengertian lagi kalau aku sangat sangat penasaran untuk mengurus bisnis, penasaran bisa nggak sih gue, lebih tertantang aja sih," kata Ody. Sebelumnya, video seorang wanita yang memilih resign dari BUMN viral di media sosial. Dalam videonya, pengunggah tampak sedang berada di dalam sebuah mobil yang dikendarai oleh seorang sopir.

Di kursi belakang, tangan wanita tersebut terlihat mematikan tablet serta laptopnya. Ia kemudian memasukkan barang barang tersebut ke dalam tas. Wanita itumenceritakan, hari itu merupakan minggu minggu terakhir dirinya menjadi pegawai BUMN.

"Minggu terakhir di BUMN. Mau balikin asset kantor," tulisnya di video. Lebih lanjut, iamemperkenalkansopir yang mengantarnya. "Yang ini namanya Mas Sarta yg selalu antar jemput dari rumah ke kantor. See you…" tulisnya.

Di akhir video, wanita tersebut terlihat turun di depan sebuah gedung perkantoran. "Babay mobil ganjil," ujarnya. Video yang diunggah akun [email protected] itu sontak menyita perhatian warganet dan menuai beragam komentar.

Sejumlah warganet mempertanyakan alasannya memilih keluar. Bahkan banyak yang tampak tak mengerti dengan keputusan yang diambil pengunggah. "Padahal pengin banget BUMN tp blm kesampean moga masi ada kesempatan di depan buat saya," tulis akun DA.

"Padahal kerja di BUMN paling aman, kalo negara resesi pasti pemerintah mentingin BUMN," kata akun Ahmad Saruman. "Aku aja susah dpt kerja kalian risen," ujar akun Puspita Sari. Video unggahan @sugarush.aj itupun kini viral.

Hingga Senin (31/8/2020) sore, video tersebut telah ditayangkan lebih dari 237 ribu kali dan disukai lebih dari10 ribu orang.