Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta pemerintah melakukan testing secara masif untuk mendeteksi penyebaran Covid 19. "Perlu kebijakan testing lengkap, meliputi testing, tracing, treating, isolating, dan containing," kata AHY dalam siaran tv nasional, Jakarta, Jumat (25/9/2020). Menurut AHY, kebijakan testing secara masif akan meningkatkan jumlah kasus positif Covid 19 di tanah air.

Namun peningkatan tersebut tidak perlu disikapi dengan kepanikan. "Hasil testing yang menyeluruh, jadi jalan menuju kesuksesan dalam mengatasi krisis Covid 19. Sebagaimana pengalaman negara lain, yang dinilai sukses dalam memerangi pandemi," ujar AHY. AHY menyebut, Indonesia masih memiliki permasalahan tentang validasi dan transparansi data kasus akibat Covid 19.

"Ini bisa saja layaknya gunung es. Hal ini tercermin dari jumlah kasua positif yang dtemukan, per jumlah tes di Indonesia yang masih 14 persen, angka ini jauh di atas standar WHO," ujar AHY. Namun, AHY menyakini jika ancaman Covid 19 dapat sepenuhnya dihadapi dengan melakukan testing secara masif dan kebijakan tepat sasaran lainya, maka kehidupan ekonomi dan sosial dapat dipulihkan. "Jika ini terjadi, rakyat Indonesia akan kembali memiliki harapan dan kenyakinan, bahwa masa depannya tidak gelap," ucap AHY