Tak hanya Nikita Mirzani, sejumlah artis Tanah Air lainnya juga pernah diretas akun Instagramnya. Akun Instagram Nikita Mirzani sempat menghilang beberapa jam. Hal itu diungkapkan oleh Nikita Mirzani setelah ia berhasil memulihkan kembali akunnya.

Akun Instagramnya, @nikitamirzanimawardi_17 berhasil diselamatkan setelah dibantu oleh rekannya. Instagram wanita yang akrab disapa Nyai ini berhasil menyelamatkan akunnya dalam waktu dua jam sejak dikabarkan hilang padaJumat (3/7/2020) dini hari. "Kebangun gara2 banyak Yang tlp. Pas gue angkat tlp. Pada teriak semua akun instgram elo ilaaaang nyaiiiiii…

Trs gue tanya sama tmn gue. Ilang nya dari jam brp? Ilang nya dari jam 23:46 wib. Ya udh gue diem aja. Karna gue jg ngantuk Dan harus shooting pagi2. Gue cuma tlp tmn2 baik gue 2 org. Minta tlng Di balikin lagi itu akun gue klo bisa. Dan mereka bilang bisa udh nyai bobo aja. Eh bnr jam 2 lewat dikit akun gue balik. Jam aja buat balikin akun gue Yang ke hack. Yang seneng banyak bgt yah, tapi lagi2 kesenangan nya cuma sbntr..

Yah gitu lah klo lawan gue. Coba cari lagi hacker yang paling canggih. Btw gue udh tau siapa org Yang tadi coba2 hack akun gue jelas bgt.Gue akan bikin perhitungan dgn cara gue. Gue cuma mau tau aja ni yah. Gimana yah perasaan nya pas tau instgram gue balik lagi,"tulis Nikita Mirzani di Instagram, Jumat (3/7/2020).

Selain Nikita Mirzani, rupanya selebriti Indonesia lainnya juga pernah mengalami kejadian serupa. Siapa saja mereka? Akun Nindy Ayunda pernah diretas beberapa waktu lalu.

Saat itu, ada seseorang yang mencoba menghubungi Nindy lewat tim management dan meminta sejumlah unggahan Nindy dihapus dalam kurun waktu 24 jam karena pelanggaran hak cipta. Namun saat mencoba buka Instagram, Nindy Ayunda kaget lantaran akunnya ke log out sendiri dari handphone. Ia pun mendapat bantuan dari tim IT dan rekan artisnya, seperti Luna Maya serta Ussy Sulistiawaty.

Saat ini akun Instagram Nindy Ayunda yang memiliki 1,3 juta followers itu sudah kembali. Kekeyi, beauty vlogger sekaligus penyanyi yang kerap viral ini juga akun Instagramnya mendadak hilang sejak Rabu (1/7/2020). Hingga hari ini, Jumat (3/7/2020) akun Instagram Kekeyi tak bisa diakses.

Akun @rahmawatikekeyiputricantikka23 mendadak hilang setelah Kekeyi melontarkan ejekan ke mantan kekasih, Rio Ramadhan saat live Instagram. Hingga kini, belum diketahui secara pasti apa penyebab hilangnya akun Instagram Rahmawati Kekeyi. Akun penggemar Kekeyi, @kekeyi_riset mengatakan bahwa akun Instagram selebgram remaja itu diretas hacker.

Akun Instagram Luna Maya juga pernah diretas seseorang pada 10 November 2019 lalu. Profil akun Luna sempat berganti nama menjadi Neslim Gungen, @neslimgungen. Namun tak berselang lama, akun @lunamaya kini sudah kembali.

Diduga akun Instagram Luna Maya diretas oleh pihak yang mengklaim bernama ‘WMA Club” dari Turki. Hal itu terlihat dari unggahan video yang bertuliskan bahwa akun Luna diretas "WMA Club". Artis peran Anjasmara juga pernah menjadi korban peretasan.

Akun Instagramnya @anjasmara sempat dihack selama dua hari. Anjasmara pun mengumumkan hal itu di akun Instagramnya yang lain, @anjasmara_prasetya. "Hello semua. Saya harap Kalian semua ber Hati hati ya. Account saya ini sudah di hack . Jadi hati2 jika ada yg mengatas Namakan saya ataupun management saya," tulisnya, 14 April 2020 lalu.

Tak hanya diretas, Anjasmara rupanya juga diperas ribuan dollar AS. Peretas itu mengatakan jika ingin mendapatkan kembali akunnya, Anjas harus membayar 1.500 dollar AS atau sekitar Rp 23 juta melalui Bitcoins. Jika tidak membayar, Anjasmara diancam oleh oknum tersebut untuk memulai serangan kembali terhadapnya.

Kini Anjasmara telah berhasil memulihkan akunnya. "Setelah 2,5 hari account ini di curi oleh pihak yg tidak ber tanggung jawab. Dan juga beberapa foto di hapus oleh sang hacker dari Bulan oktober Hingga hari kemarin. Akhirnya saya berhasil mendapatkan kembali account saya ini walaupun beberapa memory dari foto hilang karena di delete sang Hacker," tulisnya di akun @anjasmara_prasetya, 15 April 2020.

Kalina Ocktaranny juga pernah merasaan hal yang sama. Akun Instagramnya diretas orang tak dikenal pada November 2019 lalu. "Ketika sampai rumah malam malam, Instagram aku enggak ada. Aku mikir, aku langsung telepon Uncle Pin (Alvian Adam, kerabat Kalina), 'Uncle, kok Instagram aku hilang ya?'," tutur Kalina, saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2019), dikutip dari Kompas.com.

"Terus, juga bilang sama Sabrina," lanjut Kalina. Sabrina Chairunnisa diketahui merupakan kekasih mantan suami Kalina, Deddy Corbuzier. Diungkapkan Kalina, sebelum ia mendapati akun Instagram nya diretas, beberapa temannya mendapat direct message (DM) dari akun tersebut.

DM itu berisi permintaan transfer uang. "Banyak teman yang kasih tahu di Insta stories kalau Instagram aku saat itu lagi di hack, takutnya nanti ada yang di DM lagi gitu kan," tutur Kalina. Beruntung, akun Instagram Kalina kini sudah kembali.