Instagram resmi KPI Pusat kembali mengumumkan tayangan TV yang dinyatakan melanggar peraturan. Beberapa waktu lalu, KPI Pusat menyatakan sinetron lawas yang dibintangi Stefan William berjudul Anak Langit mendapat teguran. KPI menyebutkan bahwa beberapa adegan di Anak Langit menayangkan tindakan kekerasan yang dinilai tidak pantas dalam program acara dengan klasifikasi R atau remaja.

Berikut postingan lengkapnya: "Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memutuskan melayangkan surat teguran pertama untuk program siaran “Anak Langit” SCTV. Sanksi ini diberikan lantaran di dalam tayangan ditemukan adegan yang dinilai melanggar aturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) tentang penggolongan usia penonton.

Berdasarkan keterangan dalam surat teguran KPI ke SCTV tertanggal 29 April lalu, terdapat adegan perkelahian antar beberapa orang yang berisi aksi saling pukul dan tendang. Perkelahian itu ditemukan pada tayangan “Anak Langit” tanggal 14 Maret 2020 pukul 20.04 WIB. Selain itu pada 15 April 2020 pukul 19.01 WIB, tim pemantauan KPI mendapati adegan beberapa orang pria yang merusak rumah yakni memecah kaca, menendang kursi, mendobrak pintu, serta menghancurkan semua barang yang ada di dalam rumah tersebut.

Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo, mengatakan adegan tersebut mengandung unsur kekerasan nonverbal dan tidak pantas ditampilkan dalam program acara dengan klasifikasi R atau remaja. Mestinya, tayangan dengan klasifikasi R harus tunduk pada ketentuan penggolongan siaran berdasarkan usia dan tingkat kedewasan khalayak," bunyi keterangan yang diunggah di akun Instagram @kpipusat pada Sabtu, 16 Mei 2020 lalu. Setelah sinetron Anak Langit, kini giliran sinetron yang ditayangkan ANTV, berjudul Muslimah.

Sinetron Muslimah dibintangi oleh Titi Kamal dan Okan Cornelius. Muslimah memang merupakan sinetron lawas yang pernah ditayangkan di Indosiar pada2008 silam, Sinetron ini menceritakan perjuangan hidup Muslimah, seorang TKW di Arab Saudi yang selalu dilanda derita dan nestapa.

Namun dengan ketabahan hati Muslimah dia selalu bisa menghadapinya. Sinetron Muslimah disebutkan meraih pencapaian rating yang bagus dan ditayangkan setiap pukul 16.30 WIB. Sama seperti Anak Langit, Muslimah kena teguran KPI karena menayangkan adegan kekerasan.

Berikut postingan lengkapnya: "Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memutuskan memberi sanksi untuk program acara “Muslimah” di ANTV. Tayangan sinetron bertajuk religi yang disiarkan pada sore hari ini dinilai mengandung muatan kekerasan fisik dan verbal sehingga melanggar aturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012.

Tim Pemantauan KPI Pusat mendapati sejumlah adegan pelanggaran dalam sejumlah episode sinetron tersebut. Berdasarkan keterangan surat teguran KPI Pusat ke ANTV, beberapa waktu lalu, disampaikan siaran “Muslimah” yang ditayangkan ANTV pada 5 April 2020 pukul 17.53 WIB didapati adegan keributan sepasang suami istri yang saling adu mulut. Dalam muatan tersebut terdapat adegan seorang istri berkata kepada suaminya “..kalau aku sakit jiwa, kamu sinting, kamu denger, kamu sinting..”.

Selain itu terdapat adegan seorang suami menyiram air ke wajah istrinya. Pada “Muslimah” tanggal 7 April 2020 pukul 17.38 WIB juga ditemukan adegan seorang wanita yang menaburkan bedak di anak tangga yang menyebabkan seorang wanita terjatuh dan tersungkur di lantai," bunyi keterangan di postingan @kpipusat yang diunggah Rabu (20/5/2020).