Sebanyak 418 Anak Buah Kapal (ABK) MV Nieuw Amsterdam dan 400 ABK MV Panorama berhasil dievakuasi satuan tugas evakuasi yang dipimpin Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Hermanto di dermaga JICT II Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (29/5/2020). Kapal pesiar MV Nieuw Amsterdam berbendera Belanda tersebut sebelumnya berlayar dari Madagaskar dan tiba di Jakarta, Kamis (28/5/2020) pukul 15.00 WIB. Kapal tersebut lego jangkar sekitar 4,5 mil laut untuk menurunkan 418 ABK.

Para ABK tersebut kemudian dibawa ke dermaga Pelabuhan JICT II dengan menggunakan tanderboat menuju dermaga pelabuhan JICT II. Sedangkan 400 ABK MV Panorama dibawa dari Filipina dengan menggunakan kapal MV Carnival Splendor yang merupakan kapal berbendera Panama. Sebanyak 400 ABK kapal tersebut kemudian dibawa menuju Dermaga JICT II dengan menggunakan tanderboat dari kapal tersebut.

Proses tersebut mendapat pengawalan dari Tim Satgas Pengamanan Laut. Tim Satgas evakuasi kemudian melaksanakan protokol Covid 19 terhadap seluruh ABK dan barang bawaannya setelah mereka tiba di Dermaga JICT II. Seluruhnya disemprot cairan disinfektan oleh petugas yang telah dilebgkapi APD.

Sementara barang barang mereka harus melewati x ray tim Bea Cukai dan pemeriksaan dengan anjing pelacak (K 9) dari Pom Lantamal III guna mengantisipasi adanya barang terlarang. Kemudian seluruhnya dibawa dengan bus menuju hotel yang sudah direkomendasikan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid 19 DKI Jakarta yakni Hotel Pullman Central Park dan Mercure Batavia untuk melaksanakan tes swab dari tim KKP. "Apabila ada yang hasilnya positif maka akan dievakuasi ke Wisma Atlet Kemayoran. Bila hasilnya negatif maka akan dipulangkan sesuai daerah yang dituju," kata Hermanto dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Lantanal III yang diunggah lewat akun Instagram resmi TNI Angkatan Laut, @tni_angkatan_laut, pada Jumat (29/5/2020).

Dalam proses evakuasi tersebut hadir pula Kas Kogabwilhan I yang mewakili Pangkogabwilhan I Mayjen TNI Richard Tampubolon, Wakil Dansatgas yakni Kolonel Marinir Beny Sarana, Dansat Kopaska Armada I Kolonel laut (P) Johan, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Kurniawan Tandi Rongre, Syahbandar, KSOP, Imigrasi, Bea Cukai, dan Pihak Agen Kapal.